Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
Pelaku Pungli Di Curug Ciburial Bogor, Diamankan Petugas


Fakta-fakta Wisawatan Ngaku Kena Pungli di Curug Ciburial Bogor, Pelaku Sempat Diamankan (Foto: IG/@lambe_official)


Video mengenai kasus dugaan pungutan liar (pungli) di jalan menuju Curug Ciburial, Kabupaten Bogor heboh di media sosial. Videonya diunggah oleh akun Instagram @prasastihikmah pada Rabu, 1 Mei 2024, dan kemudian dibagikan oleh akun Instagram @lambe_official. Dalam video tersebut, terlihat seorang pria meminta uang sebesar Rp40 ribu per mobil di sekitar Curug Ciburial.


Wisatawan yang melintas mempertanyakan tentang tiket masuk, namun pria tersebut menyatakan bahwa tidak ada tiket masuk. Ia mengklaim bahwa dirinya berhak berada di sana, bukan sebagai wisatawan. "Pos satu yang punya akses jalannya, kalau pos dua yang punya wisata. Yang berhak di sini saya, bukan orang wisata," ucap pria tersebut.

Beberapa fakta mengenai wisatawan yang mengaku kena pungli di Curug Ciburial Bogor adalah sebagai berikut: Pria berkaos putih tersebut marah karena mobil wisatawan tidak berhenti, bahkan mobil pemilik akun @prasastihikmah digedor oleh pelaku. "Ini jalanan umum, tapi selalu duit. Katanya gegara lewatin jalannya dia, padahal jalanan umum ini. Ini orangnya marah karena kita ga berenti malah mobil digedor-gedor, dikejar," ungkap pemilik akun tersebut.

Pemilik akun juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap keadaan pariwisata di Bogor jika pungli terus terjadi. Ia merasa senang berkunjung ke curug-curug di Sentul, namun keberadaan pungli ini dapat menghambat perkembangan pariwisata. "Gimana mau maju pariwisata Bogor kalo banyak yang begini ya huhu padahal aku secinta itu ama curug di Sentul. Ijin tag bapak @sandiuno 🙏," tulisnya, dengan harapan agar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendapatkan pesan tersebut.

Setelah video tersebut viral, pelaku pungli tersebut diamankan. Ia meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi aksi pungutan liar tersebut. "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya itu dihadapi Kapolsek, saya tidak bakalan mengulang hal pungutan liar itu, karena yang di video viral itu adalah saya. Saya tidak akan mengulang lagi karena di mata hukum itu salah," ucap pelaku, yang kemudian diidentifikasi sebagai Aang.



Wisatawan yang menjadi korban berharap agar pungli benar-benar dapat dihilangkan, terutama di kawasan wisata. Mereka berharap agar pungutan liar tidak menghalangi minat wisatawan untuk berkunjung ke curug-curug di sekitar Sukamakmur, Bogor, karena tempat wisata di sana sangat menarik..




0
42
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan