Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

britakuAvatar border
TS
britaku
Kriteria Orang yang Disarankan Gak Beli Rumah
Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah? Impian banyak orang memang demikian, tetapi realitasnya tidak semua orang mampu mengatasi biaya yang muncul setelah membeli rumah. Oleh karena itu, mengontrak atau tinggal di kos bisa menjadi pilihan yang lebih bijak untuk saat ini.
Ketika kita membeli rumah, memang benar bahwa kita telah memenuhi salah satu kebutuhan pokok, yaitu tempat tinggal. Namun, hal ini tidak berarti bahwa tidak ada alternatif lain yang bisa diambil untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sebenarnya, ada lima tipe orang yang sebaiknya mempertimbangkan untuk menyewa tempat tinggal daripada langsung membeli. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita lihat lebih dekat seperti apa karakteristik orang yang sebaiknya memilih menyewa tempat tinggal.

Punya tabungan sedikit & cicilan utang yang cukup tinggi
Orang dengan profil seperti ini tentu bisa saja membeli rumah dengan cara kredit, namun hal itu juga bisa menyebabkan bertambahnya beban finansial yang dia tanggung. Alhasil, orang yang bersangkutan bisa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok yang lain dan terus memupuk utang.

Beban finansial yang tinggi akan membuatnya semakin jauh dari merdeka finansial. Dan besar kemungkinan mereka juga akan menjadikan anak-anaknya menjadi generasi sandwich di masa depan.

Baca: BI Checking Sudah Ganti, Ini Cara Terbaru Cek SLIK OJK
Lebih nyaman dengan pengeluaran tetap
Akan ada banyak pengeluaran tak terduga yang bersifat tidak tetap terkait kepemilikan rumah. Sebut aja, biaya listrik dan air yang fluktuatif, biaya renovasi atas kerusakan-kerusakan kecil, dan biaya kebutuhan pokok lain terkait perawatan rumah.

Ketika Anda menyewa, maka ketahuilah bahwa pengeluaran tidak tetap terkait hunian itu akan berkurang.

Adapun biaya yang harus Anda bayar adalah uang sewa, uang internet, atau uang-uang untuk jasa lain yang berkaitan dengan sewa hunian. Dan biaya-biaya itu bersifat tetap, alias tidak fluktuatif.

Tidak punya dana darurat
Seperti dijelaskan di poin sebelumnya, kebutuhan mendesak terkait kepemilikan rumah tentu bersifat nyata. Dalam sebulan bisa saja muncul kerusakan-kerusakan minor yang menuntut Anda untuk mengeluarkan uang terkait reparasi.

Pengeluaran seperti ini tentu harus ditalangi dengan tabungan dana darurat yang dipersiapkan jauh-jauh hari. Karena jika Anda tidak memilikinya, Anda akan berutang untuk kebutuhan ini.

Ketimbang memupuk utang karena biaya-biaya seputar rumah, maka menyewa mungkin menjadi solusinya.

Merasa harus punya rumah karena insecure
Mungkin saja, Anda merasa tidak nyaman dengan diri sendiri lantaran banyak sekali rekan-rekan Anda yang seumuran sudah memiliki rumah. Anda merasa terlambat, tidak sukses, dan lain sebagainya.

Membeli rumah bukan perkara cepat atau menunda, karena hal yang satu ini membutuhkan perhitungan finansial yang cukup baik dan harus didasari oleh faktor kebutuhan.

Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak lantas membeli rumah saat ini. Bisa jadi karena kebutuhan atau juga karena faktor finansial.

Jika Anda adalah salah satu orang dengan kategori ini, maka sewalah rumah dan mulailah lakukan pemetaan atas kebutuhan-kebutuhan Anda di masa depan dengan pikiran yang tenang.




Spoiler for sumber:


JuanChPutra
fan.kay
fan.kay dan JuanChPutra memberi reputasi
2
451
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan