c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kenapa Pelangi Bentuknya Selalu Melengkung?




Hi sobat kaskus,

Semoga trit ini bisa menambah wawasan kita ya gan, walau biasanya trit tentang ilmu seperti ini sepi dari netizen hehehe...

Apa sih itu pelangi?

Pelangi adalah fenomena optik yang terjadi ketika cahaya matahari dipantulkan, dibelokkan, dan dipantulkan kembali oleh tetes-tetes air di udara. Pelangi biasanya terlihat sebagai busur berwarna-warni di langit setelah hujan atau dalam kondisi dengan tetesan air di udara, seperti kabut atau embun.

Pelangi merupakan fenomena alam yang menarik dan sering kali dianggap sebagai simbol harapan dan keindahan.



Pelangi memiliki bentuk melengkung karena fenomena fisika yang terjadi ketika cahaya matahari melewati tetes-tetes air dalam udara. Ketika sinar matahari memasuki tetes-tetes air, cahaya tersebut mengalami pembiasan, pemantulan, dan pembelokan.

Cahaya putih yang terdiri dari berbagai warna dengan panjang gelombang yang berbeda-beda, akan mengalami pembelokan atau pembiasan ketika melewati permukaan tetes air. Cahaya tersebut akan memantul pada bagian dalam tetes air, kemudian dipantulkan kembali ke permukaan dalam tetes air yang berlawanan, dan akhirnya keluar dari tetes air.

Proses ini mengakibatkan cahaya membelok dalam sudut tertentu saat keluar dari tetes air. Cahaya berbeda warna memiliki panjang gelombang yang berbeda, dan karena itu mereka juga memiliki sudut pembelokan yang berbeda. Ketika cahaya keluar dari tetes air, cahaya tersebut akan terpisah menjadi berbagai warna yang membentuk spektrum warna yang berurutan, yaitu merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.



Bentuk melengkung dari pelangi terjadi karena cahaya yang terpisah ke dalam warna-warna tersebut memiliki sudut pembelokan yang berbeda. Ketika cahaya keluar dari tetes air, setiap warna akan terlihat pada sudut tertentu tergantung pada panjang gelombangnya. Karena itu, ketika kita melihat pelangi, kita melihat warna-warna tersebut dalam pola melengkung yang berurutan, di mana warna merah berada di bagian luar dan warna ungu berada di bagian dalam lingkaran pelangi.

Jadi, pelangi selalu memiliki bentuk melengkung karena interaksi antara sinar matahari, tetes-tetes air, dan pembelokan cahaya yang terjadi dalam proses pembentukan pelangi.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star










indrastrid
cahlenong
fathroni
fathroni dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.8K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan