Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cuacarino123740Avatar border
TS
cuacarino123740
Dear Pemudik, Kalau Capek Sandar di Bahu tapi Jangan Bahu Jalan Juga


Jakarta - Lelah dan penat rasanya ingin bersandar di bahu orang terkasih tapi bagi para pemudik tentunya diimbau jangan malah bersandar di bahu jalan tol.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga memberikan imbauan serupa tapi kondisi di lapangan tetap saja ada pemudik yang memilih beristirahat di bahu jalan. Duh!

Dalam pantauan detikcom sejak Selasa, 18 April 2023, sampai setidaknya Kamis, 19 April 2023, pagi tadi ketika arus mudik sedang tinggi-tingginya, ada saja pemudik yang berhenti di bahu jalan.

Tak hanya di ruas tol biasa, bahkan ada pula pemudik yang rehat di bahu jalan layang Tol Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ).

Pemandangan yang sama juga terlihat di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, pada Rabu (19/4) kemarin. Sejumlah pemudik terlihat menghentikan kendaraannya untuk menyantap makanan saat waktu buka puasa tiba.

Aksi nekat pemudik yang berhenti di bahu jalan juga terlihat di ruas Tol Pekalongan. Di ruas tersebut, kecelakaan bahkan terjadi akibat kendaraan yang berhenti di bahu jalan.

Seringkali alasan para pemudik yang nekat bersandar di bahu jalan tol karena rest area penuh. Padahal apa yang mereka lakukan itu sangat berbahaya.

Kapolri Imbau Pemudik Tak Istirahat di Bahu Jalan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah meminta para pemudik memanfaatkan rest area ataupun ruang istirahat di exit tol untuk beristirahat. Sigit meminta pemudik tidak beristirahat di bahu jalan tol karena bisa menimbulkan kemacetan.

"Kedua, terkait rest area yang jumlahnya terbatas yang kemudian ini juga menjadi tujuan bagi masyarakat pemudik tentunya ini juga kita informasikan selain rest area, juga diberikan ruang untuk istirahat bagi pemudik dengan memanfaatkan jalur di luar rest area dan di luar jalur tol artinya bisa exit," kata Sigit kepada wartawan, Selasa (18/4/2023).

"Tentunya kita juga informasikan bahwa setelah exit bagaimana masuknya kembali ke jalur tol ini juga perlu diinformasikan sehingga ini kemudian menjadi pilihan-pilihan agar tidak ada pengguna jalan yang kemudian istirahat di bahu-bahu jalan, karena ini tentunya yang pertama berdampak terhadap meningkatnya kemacetan," sambungnya.

Sigit juga mengatakan beristirahat di bahu jalan juga bisa menimbulkan kemacetan. Dia mengatakan imbauan ini perlu terus disosialisasi jajaran Polda.

"Yang kedua ini juga risiko terjadinya laka lantas sangat tinggi sehingga kemudian manfaatkan rest area atau jalur-jalur exit di luar tol yang memang disiapkan mungkin di sana juga bisa lebih leluasa. Namun pada saatnya bisa masuk kembali ke jalur tol jadi hal-hal seperti ini kita minta terus disosialisasikan,"katanya

detik.com
tpnpbopm
Proloque
aldonistic
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.6K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan