Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inilah Fakta Terbaru Tentang Masa PUBER Lelaki Dan Perempuan (Udah Tahu?)


Perubahan fisik atau dikenal umum dengan istilah puber bagi lelaki dan perempuan memang cukup berbeda rentang waktunya yang secara umum ditandai dengan jumlah usia, juga dipengaruhi oleh faktor makanan dan lainnya.

Berdasarkan apa yang saya dapat dari berbagai sumber puber bagi lelaki dan perempuan bisa dibedakan seperti usia pubertas lelaki biasanya mulai masuk diusia 9 tahun hingga usia 15 tahun, sedangkan untuk perempuan lebih cepat yakni 8 hingga 12 tahun. Fase puber pertama ini disebut sebagai fase pencarian jati diri dimana keluarga, sekolah dan lingkungan sangat berpengaruh pada kehidupannya.

Tanda umum paling mudah dikenali bagi lelaki yang mengalami puberitas pertama adalah tumbuh kumis, muncul jakun dileher depan, mimpi basah, memiliki ketertarikan pada lawan jenis, tumbuh bulu dikemaluan dan diketiak, dada menjadi lebih bidang, suara lebih berat, ukuran kelamin membesar.



Sedang tanda puberitas pertama bagi perempuan adalah datangnya menstruasi, payudara membesar, tumbuh bulu diketiak dan kemaluan, pinggang membesar, muncul kumis tipis, mudah berkeringat, keputihan, senang bersolek, memiliki ketertarikan pada lawan jenis.

Lalu pubertas itu sendiri menurut sumber yang saya baca memiliki 2 atau 3 fase dimana datangnya fase kedua bagi lelaki dan perempuan memiliki kesamaan usia antara 20 tahun hingga 50 tahun. Dimana tanda paling mudah dikenali adalah perilakunya seperti menolak tua, ingin seperti remaja lagi.

Fase puber kedua ini disebut sebagai midlife crisis dimana orang dewasa mempertanyakan pada dirinya sendiri tujuan hidupnya dan untuk apa dia hidup, jika hubungan kehangatan keluarga tidak dijaga maka akan mengalami penurunan kualitas hidup bersama.



Perubahan paling dalam dirasakan oleh kaum lelaki adalah perubahan suasana hati yang mudah gelisah, cepat bosan, tidak puas dengan apa yang telah diraihnya, mudah emosi, tertarik pada lawan jenis yang usianya lebih muda, suara menjadi lebih berat.

Ciri puber kedua bagi kaum perempuan (Perimenopause) adalah ditandai dengan mudah cemas, suasana hati sering berubah, sulit tidur nyenyak, sulit berkosentrasi, sering lupa, lemak bertambah terutama pada bagian perut, senang bersolek, rentan tergoda rayuan lawan jenis.



Lalu apa tanda pubertas ketiga, apakah ada puber ke 3 bagi lelaki dan wanita? Secara umum masa puber ke tiga masuk direntang usia mencapai 50 tahun, ciri paling mudah dikenali bagi kaum wanita adalah datangnya masa menopause (tidak lagi mengalami haid), hasrat seksual mulai menurun, sedangkan bagi kaum lelaki menurunnya jumlah sperma yang keluar dan menurunnya hasrat seksual.




Sebuah opini
Ref. Tkp1, Tkp2, Tkp3
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 05-09-2022 00:58
provocator3301
fathroni
jiresh
jiresh dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.4K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan