Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mls557Avatar border
TS
mls557
Kreativitas Menaman Dan Merawat Tanaman, Manfaat Baik Untuk Anak Kecil!

Halo gansis, dalam event kali ini aye akan menceritakan kreativitas yang sering dilakukan anak aye sejak pandemi ini. Soal kreativitas setiap anak memiliki keingin tersendiri untuk melakukan berbagai kegiatan menarik terutama ada di sekitarnya, dengan begitu anak akan mencari tau dan menyelesaikan baik itu sendiri maupun butuh bimbingan terlebih dahulu.

Dalam kesempatan ini forum Kids & Parenting memberikan kesempatan untuk gansis menceritakan kreativitas anak, merupakan cara untuk anak semakin banyak belajar dan orang tua akan bisa mengawasi tanpa harus melarang, guna untuk meningkatkan daya kreativitas tanpa batas. Anak akan merasa nyaman untuk melakukan kegiatan walaupun masih diawasi, apalagi kagak semua anak merasa bisa melakukan apa yang diinginkan, jadi orang tua hanya bisa memberi contoh.

Sejak pandemi hobi menanam dan merawat tanaman kembali aye jalani lagi, sejak permintaan anak cowok aye untuk membeli tanaman. Awalnya aye ragu apa mau mengurus tanaman, apalagi setiap hari selalu banyak bermain game daripada mengasah kreativitas. Beberapa hari anak aye terus meminta untuk dibelikan, langsung aye belikan dua tanaman dan dua lagi diberi tetangga.

Melihat dibelikan tanaman anak aye kagak bermain game terus, sekarang lebih sering liat tanamannya. Tidak lupa mencari pupuk kandang di belakang rumah saudara, meskipun awalnya jijik kotoran sapi lama-lama terbiasa setelah tau tanamannya sudah mulai tumbuh besar dan juga tumbuh kecil di sebelah tanaman.

Aye juga mengajak cara menanam tanaman agar tumbuh sehat dengan mencari pupuk sudah kering berbentuk tanah, tidak lupa bagaimana cara memisahkan tanaman kecil dari induknya harus berhati-hati. Agar bisa hidup jika dipindahkan pada pot lain, hampir setiap sore anak aye rajin menyirami tanaman, meskipun untuk merawatnya ane contohkan lebih dulu. Sekarang tanaman sudah banyak mulai dari beli lagi sampai tumbuh dari tanaman induk.

Manfaat menaman dan merawat tanaman bagi anak kecil:

1. Mengurangi waktu bermain gawai

Sejak ada tanaman anak aye tetap masih bermain gawai tapi kagak selama dulu, hanya satu-dua jam cukup. Sengaja aye batasi untuk melihat tanaman sambil minum susu, sedangkan aye buat kopi hitam 😂. Anak juga akan banyak bertanya soal tanaman yang ditanamnya seperti jenis, nama yang mudah diingat, waktu menyirami dan lainnya. Aye juga memberitahu agar kagak menyirami siang hari, tau sendiri anak kalau sudah suka menyirami kapanpun di sirami, untung saja tanaman dulu yang mati cuma satu.

2. Peduli tanaman sejak kecil

Ini sangat penting diajarkan sejak masih kecil agar anak bisa peduli terhadap lingkungan sekitar, jika ditanamkan pada benak anak kecil lebih mudah mengajarkannya, karena pikiran masih muda dan terus berkembang dengan baik. Itu sebabnya jangan menunda-nunda untuk mengajarkan anak sejak dini. Dengan adanya sikap peduli tanaman anak akan menjaga tanaman di manapun berada, terutama tanaman baik untuk bumi.

3. Melatih insting

Insting anak akan lebih peka jika diasah sejak kecil, anak akan semakin tau dari melihat, mendengar, dan merasakan apa yang ada disekitar lokasinya. Salah satunya peduli, saling kerja sama dan berbuat baik. Terutama pada tanaman yang selalu butuh air dan dirawat penuh kasih sayang.

Sebenarnya merawat tanaman memiliki banyak manfaat bagi anak, apalagi kalo anak sudah sayang pada tanaman akan selalu memperhatikan meskipun sesibuk apapun jika sudah dewasa secara otomatis insting akan sadar dengan sendirinya. Itulah pentingnya orang tua untuk mengawasi dan mengajarkan banyak hal sejak dini.

Terimakasih gandis telah mampir di Kids & Parenting thread aye, sampai jumpa.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Sumber : Opini pribadi
Gambar : Dokumen pribadi
0
639
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan