Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

firdainayahAvatar border
TS
firdainayah
Kolesterol Tinggi Setelah Lebaran? Yuk, Bantu Turunkan Dengan 5 Buah Berikut
Assalamualaikum ....

Mohon maaf lahir dan batin Gan, Sis emoticon-Shakehand2
Nggak telat, kan, ucapinnya? Hehe ....

Lebaran identik dengan makanan yang berminyak serta mengandung banyak santan. Setelah berpuasa 30 hari lamanya, ketika lebaran seringkali bikin lupa diri saat menyantap makanan. Apalagi jika yang dihidangkan adalah rendang, opor ayam, lontong sayur, serta makanan yang biasa disajikan ketika idul fitri lainnya. Yang diet dijamin bisa gagal emoticon-Ngakak

Makanan bersantan seperti ini selain membuat berat badan naik, juga bisa membuat kadar kolesterol ikutan naik.


sumber: google



Kadar kolesterol yang tinggi jika tidak dikendalikan bisa memicu terjadinya strokedan serangan jantung. Kadar kolesterol tinggi dalam darah lama-kelamaan menyebabkan lemak menumpuk dan mengeras pada dinding pembuluh darah, sehingga plak lemak akan mempersempit pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar.

Selain dengan berolahraga atau minum obat kolesterol, ada beberapa buah yang bisa membantu menurunkan tekanan kolesterol, lho, GanSis.

Berikut lima buah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol:


1. Apel

sumber: pinterest



Buah yang identik dengan makanan bagi para pejuang jarum timbangan ke arah kiri ini (baca: diet) ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Kandungan vitamin dan antioksidan polifenol pada apel bisa membantu mengurangi peradangan.

Bagian kulit apel yang mengandung pektin terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi.


2. Alpukat

sumber: pinterest



Sama dengan apel yang identik dengan buah untuk diet, alpukat juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini juga memiliki kandungan senyawa yang mampu menghambat penyerapan kolesterol.


3. Pir

sumber: pinterest



Buah yang segar serta manis ini banyak mengandung serat alami. Mirip seperti apel, pir juga mengandung serat pektin yang mampu mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar sebelum diserap oleh tubuh.


4. Pepaya

sumber: pinterest



Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini?

Buah kaya serat yang terkenal bisa membantu melancarkan pencernaan ini ternyata juga bisa mengatur kadar kolesterol tidak sehat dalam darah, lho! Selain mudah didapat, pepaya merupakan buah yang tinggi antioksidan seperti: likopen, vitamin C dan vitamin E.

Vitamin C dan E yang terkandung dalam buah pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paroxonaseyang nantinya akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah.


5. Jambu Biji

sumber: pinterest



Buah yang cukup populer, serta digemari oleh banyak orang ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Jambu biji merupakan buah yang mudah ditemukan di negeri ini juga mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, serta antioksidan. Mengkonsumsi jambu biji dapat membantu menurunkan kolesterol jahat serta menurunkan tekanan darah.


Nah, GanSis, itu tadi beberapa buah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Semua buah di atas sangat mudah didapat dan rasanya pun enak. Jadi, jangan malas makan buah, ya, GanSis.


Sampai jumpa di thread ane selanjutnya emoticon-Big Kissemoticon-Peluk

Sekali lagi, mohon maaf lahir dan batin emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
Diubah oleh firdainayah 29-05-2020 09:41
c4punk1950...
nona212
nibrasulhaq
nibrasulhaq dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.2K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan