Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anna1812Avatar border
TS
anna1812
Lagi, Seekor Paus Terdampar di Perairan Dangkal! Bukan karena Gagal Move On, Lho!




Beberapa waktu lalu, tepatnya di sungai dangkal desa Ujungmanik, Kawunganten, Cilacap, seekor paus dengan panjang sekitar 8 meter dan lebar 1,5 meter, terdampar.


Hal itu diketahui dari unggahan pengguna twitter dengan akun @herikurniawan88. Peristiwa ini bukan pertama kali terjadi. Fenomena hewan besar terdampar di perairan dangkal ini sering terjadi, baik di Indonesia maupun di negara lain.


Namun, apakah GanSis tahu mengapa fauna sebesar itu bisa terdampar ke pantai atau bahkan sungai yang dangkal? Menurut ane, nih, Gansis, mereka bisa terdampar di perairan dangkal bisa jadi karena susah move on. Eh salah! Itu, kan dia. Iya dia, yang belum bisa lupain mantan. Hakhak. Oke, leave it!


Jadi, Gansis, binatang laut terbesar di dunia ini bisa terdampar disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya seperti di bawah ini :


1. Terluka

Paus merupakan perenang handal. Namun demikian, adakalanya mereka bertabrakan dengan elemen alam seperti batu besar dan menyebabkan tubuh mereka luka-luka. Akibatnya mereka akan mencari tempat yang aman untuk berlindung.

2. Sumber makanan bergeser
Perubahan cuaca yang diakibatkan oleh pemanasan global, menyebabkan sumber makanan seperti ikan dan hewan yang lebih kecil lainnya, bergeser. Sehingga memaksa paus berenang lebih jauh dan besar kemungkinan mereka menuju perairan dangkal dan akhirnya terdampar.

3. Gempa bawah laut
Meskipun tidak memiliki perasaan seperti manusia, tapi paus juga punya naluri terhadap bencana alam. Oleh sebab itu, mereka akan begerak mencari tempat yang lebih aman ketika bencana gempa terjadi. Hal itu bisa menyebabkan mereka terdampar.

4. Terbawa arus
Pasang surut air laut juga bisa menyebabkan paus terdampar. Ketika air laut sedang pasang, ombak pun otomatis besar. Akhirnya paus ikut terseret ke peraiaran yang lebih dangkal.

5. Sakit
Paus tergolong hewan laut terbesar dan kuat. Namun, dia juga bisa sakit akibat berkelahi dengan hewan lain. Dan dalam keadaan seperti itu, mereka akan berenang mencari tempat yang aman, menuju tempat dangkal. Jadi bukan hanya GanSis aja yang bisa sakit karena habis berantem. Paus juga bisa.emoticon-Ngakak



sumber gambar


Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terdamparnya seekor paus menurut ane, GanSis.
Apabila di antara GanSis ada yang menemui kejadian diatas, yaitu menemukan paus terdampar dan masih hidup, segeralah hubungi warga lain dan pemerintah setempat untuk cepat menolong fauna tersebut kembali ke habitatnya. Sebab bisa jadi fatal kalau terus berlama-lama di perairan dangkal.


Dari beberapa hal yang ane sampaikan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa, sebesar dan sekuat apa pun suatu makhuk, akan tiba saatnya di mana dia lemah, butuh bimbingan dan bantuan makhluk lain. Karena sejatinya kita semua, tak terkecuali hewan besar sekalipun, adalah makhluk Tuhan yang saling membutuhkan.


Demikian trit ane di awal taun 2020 ini. Semoga ada manfaat yang bisa GanSis ambil. Buat yang udah mampir, bolehlah kasih cendol, rate, dan komen. Terima kasih dan selamat berakhir pekan.


Penulis : @anna1812
Sumber tulisan : opini pribadi plus silakan klik

❤❤❤
Diubah oleh anna1812 04-01-2020 06:30
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 36 lainnya memberi reputasi
37
3.1K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan