Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Definisi Satuan Kilogram Akan Berubah, Inilah Penggantinya


[ HT# 395 ]

Satuan berat bernama Kilogram sudah kita kenal sejak lama, bahkan mungkin sejak bapak-bapak-bapaknya nenek moyang kita dulu, hehe. Sebagaimana kita ketahui sebutan Kilogram adalah satuan unit SI untuk massa yang hampir sama kadarnya dengan massa 1 liter air.

Mungkin belum banyak yang mengetahui kabar tentang perubahan satuan berat Kilogram dengan satuan konstanta yang baru, karena memang baru 16 November 2018 sebuah konferensi Internasional yang disebut dengan General Conference on Weights and Measures (CGPM) yang mengurusi perihal berat dan ukuran sedunia secara resmi membuat sebuah perubahan tentang satuan berat ini.




Kilogram, Di Pensiunkan?




Sebagaimana kita ketahui hingga kini ilmu ukur terbagi menjadi tujuh unit dasar yang disebut International System of Units (SI), tapi empat diantaranya tidak didasarkan pada konstanta fisika yang labil, yakni: ampere (arus), kelvin (suhu), mol (jumlah zat) dan kilogram (massa).

Menurut Emeritus pimpinan International Bureau of Weights and Measures (BIPM) dan Terry Quinn kepada ScienceAlert empat unit dasar ini memang tidak begitu update lagi untuk digunakan secara universal di mana saja, hingga di masa depan.

Sebagai contoh, satu meter biasanya ditentukan oleh jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa di 1/299792458 detik. Lalu yang kedua ditentukan oleh waktu yang dibutuhkan untuk atom caesium untuk terombang-ambing 9.192.631.770 kali. Lalu bagaimana dengan Kilogram? Satu kilogram didefinisikan oleh ... satu kilogram, tidak lebih.

Kilogram menurut sejarah ternyata sudah cukup tua, sudah berumur 130 tahun, penamaan dan ketentuan satuan Kilogram dibuat pada tahun 1889, dimana nenek moyang Kilogram terbuat dari 90 persen platinum dan 10 persen iridium, lalu disimpan dalam lemari besi khusus di markas BIPM, dan Kilogram itu sendiri adalah satu-satunya satuan dasar dalam SI yang masih ditentukan oleh objek fisik. Namun sayangnya objek fisik ini dengan mudah kehilangan atom atau menyerap molekul dari udara sehingga massanya berubah puluhan mikrogram dalam satu abad terakhir. Akibatnya prototipe yang digunakan di seluruh dunia untuk mengukur kilogram dan timbangan kalibrasi tak lagi akurat dan tidak lagi bisa dijadikan acuan berat.

Dan dalam perkembangannya nasib Kilogram terus menjadi pembicaraan hangat dikalangan ahli metrologi hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membuat sebuah standar baru untuk satuan berat berdasarkan konstanta Planck, yakni rasio energi yang menuju ke frekuensi foton, akibatnya bisa diukur ke nilai yang lebih tepat. "Sekarang kita bisa mendefinisikan berat lebih fleksibel dalam tiga unsur, konstanta fisika - konstanta Planck, kecepatan cahaya, dan frekuensi resonansi atom cesium," jelas Quinn salah satu ahli metrologi disana.

"Mengapa ketiganya? Ini karena satuan konstanta Planck adalah kgm 2 s -1 , jadi pertama-tama kita perlu mendefinisikan meter (dalam hal kecepatan cahaya) dan yang kedua (dalam hal atom caesium di jam atom). "

Jadi di bawah definisi baru, besarnya satu kilogram akan "diatur dengan memperbaiki nilai numerik dari konstanta Planck agar sama dengan tepat 6,626 069 ... × 10 –34 ketika dinyatakan dalam satuan SI s -1 m 2 kg , yang sama dengan J s, " lanjut Quinn.



Namun perubahan ini tidak akan membuat perbedaan nyata sama sekali bagi kehidupan di masyarakat. Jadi misalkan ada satu kilogram Apel (sebelum perubahan) maka di masyarakat masih menjadi satu kilogram Apel setelah perubahan ini terjadi, tetapi itu akan membuat perbedaan pemahaman dan definisi baru bagi para ahli metrolologi pada khususnya, dan para ilmuwan pada umumnya.

Keputusan satuan kilogram baru pada definisi baru ini baru akan dilakukan pada 16 Novemver 2018 nanti di Versailles, Prancis lewat pemungutan suara terbanyak. Pertemuan besar ini juga untuk mempersiapkan Hari Metrologi Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2019 tahun depan.










Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: runnersworld, vox | Sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 27-11-2018 09:00
Bibalinhgum
Bibalinhgum memberi reputasi
12
16.6K
143
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan