Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pandadistroAvatar border
TS
pandadistro
BCA lambat dalam menangani masalah pencurian Identitas Kartu kredit
Saya mengalami pencurian data kartu kredit BCA saya oleh seseorang untuk dibelanjakan di Zalora sebanyak 2 kali transaksi dengan jumlah masing2 : 162.970 & 349.000 dan Agoda sebesar 900.000.

Berikut detail transaksi yang terekam di klikbca :
24-08-2017 di Agoda.com sebesar 900.000
25-08-2017 di Zalora.co.id sebesar 162.970
25-08-2017 di Zalora.co.id sebesar 349.000

Ketiga transaksi diatas tidak ada SMS konfirmasi sama sekali.

Hal ini saya ketahui pada tanggal 1 Sep 2017 setelah melakukan pelunasan tagihan Agustus 2017 dan ketika saya periksa transaksi pemakaian di Zalora dengan kartu saya di klik BCA. Pada saat yang sama (01 Sep 2017) saya telp halo BCA 1500888 dibantu oleh Ibu Panca, dan dibantu pemblokiran kartu yang dimaksud dengan nomor laporan 2118620946, 2118620921 dan meminta saya mengirimkan dokumen yang diperlukan untuk mempercepat penyelesaian masalah tersebut, CS bilang jika dokumen lengkap dan dapat dibuktikan bahwa saya bukan pengguna kartu tersebut maka biasanya dalam 3-14 hari sudah selesai, kemudian saya mengirimkan berkas dokumen via email ke haloBCA. HaloBCA membalas email tersebut dengan berkata transaksi tersebut akan diperiksa oleh tim terkait dengan maksimal kerja 16 Okt 2017.
Spoiler for email bca:


Tanggal yang sama yaitu 1 Sept 2017, saya email ke team Zalora untuk memberitahukan bahwa adanya penggunaan kartu kredit saya di Zalora. Mereka bilang akan menghubungi saya dengan segera.
Spoiler for email zalora:


Tanggal 4 Sept 2017, team Zalora mengirimkan email dari hasil pemeriksaan team mereka dan menyatakan memang kartu saya dipakai. Dan Zalora memberikan detail pesanan dengan kedua nilai tersebut. Dari hasil laporan Zalora, saya pun dengan sigap mengirimkan email tersebut ke pihak BCA dengan asumsi data lengkap berarti selesai. Dan pihak BCA pun mengkonfirmasikan bahwa data transaksi Zalora yang dikirimkan sudah diterima dan dijadikan dokumen bukti tambahan. Oh ya, Zalora dengan santainya menuliskan di email untuk saya sebagai korban meminta penyanggahan di bank penerbit kartu tersebut. Zalora tidak profesional dengan melepaskan tanggung jawabnya karena sistem merekalah yang menggunakan kartu kredit orang lain tanpa konfirmasi SMS sama sekali. HATI-HATI GUYS DENGAN ZALORA!!
Spoiler for email:



Di tanggal 4 Sept 2017, saya melihat adanya transaksi Agoda yang bukan saya menggunakannya sendiri pada tanggal 24 Agustus 2017. Sayapun menambahkan dokumen pernyataan bahwa transaksi tersebut bukanlah transaksi saya sendiri. Dan email diterima oleh BCA.
Pada saat yang sama, saya kirim email ke Agoda untuk komplain pemakaian kartu kredit saya di web mereka.
Spoiler for klik:


Tanggal 5 Sept 2017, pihak Agoda membalas email saya untuk meminta nomor telp yang bisa dihubungi untuk ditindaklanjuti, saya balas emailnya. Siang hari saya terima telp dari Agoda di nomor +6563314400 oleh Adit. Saya ditanya nomor kartu kredit dan diperiksa dan ternyata benar pemesanan hotel bukan atas nama saya. Saya bersikeras meminta nama si pengguna hotel tersebut untuk mencocokan dengan transaksi di Zalora namun tidak diberikan dengan alasan kerahasiaan data customer dan membuat saya emosi dengan CS Agoda tersebut. Dan dia bilang akan disampaikan bagian audit IT. Saya bilang kenapa tidak ada sms konfirmasi, dia jawab dia hanya CS, saya bilang ya tolong sampaikan ke bagian program untuk lebih aman lagi dalam bertransaksi. Kemudian saya tutup telp CS tersebut karena kesal dan ketika saya tanyakan apakah ada nomor laporan, dia jawab tidak ada.
Setelah saya tutup telp CS Agoda, email dari Agoda mengatakan sedang diproses dan segera akan dikembalikan dana tersebut. Hal ini saya kembali sampaikan ke pihak BCA.
Spoiler for bukti:


Tanggal 21 Sep 2017, BCA mengeluarkan tagihan saya beserta transaksi yang dipakai oleh orang lain, kemudian saya protes via email namun hasil jawaban berupa template dan hanya meminta saya menunggu dikarenakan sedangkan dalam analisa team terkait. Padahal Agoda saja sudah merefund uang saya dan hanya cukup by phone. Jika saya tidak bayar maka akan muncul bunga dan denda atas pemakaian tersebut. BCA pun tidak ada sepatah kata untuk mengabaikan tagihan tersebut atau diharuskan membayarnya.
Spoiler for Bukti:


Dari kejadian ini saya petik supaya teman2 disini dapat berhati2 dalam web Zalora dan Agoda karena tidak ada security seperti konfirmasi SMS dalam penggunaan kartu kredit.

- SAYA KECEWA BERAT DENGAN PIHAK BCA DAN ZALORA YANG BEKERJA TIDAK PROFESIONAL SEPERTI AGODA
- DISINI AGODA MENGAKUI KESALAHAN DAN MERETUR SEBESAR TRANSAKSI
- ZALORA MELEPAS TANGAN DAN MENYURUH SAYA SEBAGAI KORBAN UNTUK MENYANGGAHNYA SENDIRI
- SAYA UPLOAD KE YLKI JUGA KARENA SAYA DISINI SEBAGAI KONSUMEN YANG IDENTITASNYA DIGUNAKAN OLEH ORANG LAIN

Tertanda


Aris

CC YLKI & BCA

thank you kaskus emoticon-Cendol Ganemoticon-Hansip

update
- 22 sept 2017 17:18 petugas BCA telp dari nomor ‭+62 21 29910700‬ dengan Ibu Herlina. Dijelaskan bahwa data baru masuk ke bagian analis karena pihak Zalora baru menjawab pertanyaan BCA. Dan BCA akan meminta Zalora bertanggung jawab selaku merchant yang tidak menggunakan sistem secure verified by visa.
Nah ane penasaran karena ada yang bilang bisa menggunakan nomor telp lain diluar yang terdaftar jadi ane tanya ke Ibu Herlina selaku petugas bank beneran apakah sistem pembayaran online dengan kartu kredit itu?

Dijelaskan bahwa ada 2 sistem pembayaran dengna kartu kredit di transaksi online yaitu sistem instan dimana cukup masukkan nomor kartu, nama pemilik, masa berlaku dan kode ccv.
Cara kedua : verified by visa / 3DSecure ini adalah sistem dimana harus ada konfirmasi via SMS kode OTP ke nomor hape yang sudah terdaftar atas pemilik kartu kredit di data bank.

Solusinya BCA memberikan potongan sesuai pemakaian yang bukan saya lakukan yaitu Zalora.

- 2 okt 2017 pukul 10:11 pihak BCA bernama Ibu Herlina memberitahukan bahwa pihak Zalora sudah mengembalikan dana transaksi yang dimaksud pada tanggal 29 Sept 2017 kemarin. Dijanjikan akan memotong di tagihan bulan oktober. Setelah tutup telp, saya langsung periksa di klikbca dan ternyata sudah masuk refund dana oleh pihak Zalora

Dengan ini saya menyatakan masalah saya sudah selesai dengan BCA, terima kasih kaskus, terima kasih BCA yang telah mendengarkan keluhan customer emoticon-Toast emoticon-Toast
Diubah oleh pandadistro 02-10-2017 07:35
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
20.7K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan