Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

banteng.budugAvatar border
TS
banteng.budug
Sepakat! Besok Nyepi Internet Mati
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menerima surat dari Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) terkait Hari Raya Nyepi tanpa internet pada tahun ini, yang jatuh pada Sabtu (17/3/2018).

Kepastian itu kemudian dikonfimasi Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli.

"BRTI mengapresiasi sikap ATSI," ujar Ramli yang juga menjabat sebagai Ketua BRTI ketika dihubungi detikINET, Jumat (16/3/2018).

Disampaikan Ramli, pemerintah memahami kesulitan yang dirasakan operator seluler, karena mereka harus memadamkan layanan akses internet, sambil di sisi lain, tetap menjaga kualitas layanan di area-area strategis.

"BRTI memahami kondisi di lapangan karena menyangkut hal-hal yang sangat teknis. Oleh karena itu, pelaksanaannya dilakukan sesuai kemampuan dan keandalan teknologi para operator," kata Ramli.

Bocoran surat yang diterima detikINET memperlihatkan, ATSI menyatakan mereka akan mengikuti usulan dari Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali untuk mematikan layanan internet hari Sabtu, 17 Maret 2018 dari pukul 06.00 WITA sampai dengan Minggu, 18 Maret 2018 pukul 06.00 WITA.


Setelah itu, operator seluler ini juga akan berupaya semaksimal mungkin agar di hari berikutnya, layanan internet kembali normal.

Berikut surat berisi sikap operator seluler terkait pelaksanaan Nyepi tanpa internet di Bali yang diterima Kominfo:


Kepada Yth.
Bapak Rudiantara
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Jalan Medan Merdeka Barat 9
Jakarta 10110

Perihal: Pelaksanaan atas Himbauan Mengenai Layanan Internet di bali pada Hari Raya Nyepi 2018

Dengan hormat

Teriring doa semoga Bapak Menteri dan seluruh jajaran Kementerian KOMINFO senantiasa mendapat petunjuk dan ridho dari Allah SWT dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Menindak lanjuti Surat Edaran Menteri KOMINFO No. 378/2018 tentang Himbauan Untuk Melaksanakan Seruan Bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali 2018, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Operator telekomunikasi seluler yang tergabung dalam ATSI mendukung Surat edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 378 Tahun 2018 tentang Himbauan untuk Melaksanakan Seruan Bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali 2018, agar seluruh Penyelenggara Telekomunikasi yang menyediakan layanan akses internet di Provinsi Bali untuk melakukan langkah-langkah dalam mendukung seruan bersama dimaksud pada Hari Raya Nyepi yang berlangsung pada tanggal 17 Maret 2018 pukul 06.00 WITA sampai 18 Maret 2018 pukul 06.00 WITA, dengan tetap menjaga kualitas layanan akses internet untuk obyek-obyek vital serta layanan kepentingan umum lainnya yang menurut sifatnya harus tetap berlangsung.

2. Operator telekomunikasi seluler bersama dengan ATSI sepakat untuk melakukan langkah-langkah nyata sebagai berikutnya:

a. Melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui pengiriman SMS Blast dan laman/situs operator.

b. Melakukan langkah-langkah teknis agar layanan intenret di tempat-tempat obyek vital semaksimal mungkin tetap dapat terjaga dengan baik. Obyek vital dimaksud meliputi antara lain rumah-rumah sakit, pemadam kebakaran, layanan ambulance, SAR, Stasiun BMKG, Instalasi TNI dan POLRI, BPBD.

c. Operator telekomunikasi akan berupaya agar pelaksanaan penutupan dan penghidupan kembali layanan internet, dapat dilaksanakan dalam koridor waktu selama 24 (dua puluh empat) jam.

d. Sehubung dengan hal tersebut di atas, Operator telekomunikasi seluler penyedia layanan internet mengimbau kepada masyarakat yang berada di Provinsi Bali untuk menggunakan layanan akses internet secara lebih bijaksana sehingga ketenangan ibadah, kekhusukan, serta kesakralan Hari Raya Nyepi bagi Umat Hindu di Bali dapat tetap terpelihara dengan baik dan lancar.

3. Demikian kami sampaikan, atas perhatian yang diberikan kami ucapkan terima kasih.



Hormat Kami



Merza Fachys
Ketua Umum


Tembusan disampaikan kepada:
1. Yth. Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika
2. Yth. Ketua BRTI
3. Yth. Gubernur Bali
4. Yth Direksi Penyelenggara Telekomunikasi Seluler (agt/rns)

sumur


24 jam kembali ke jaman batu emoticon-EEK!:
Diubah oleh banteng.budug 16-03-2018 11:50
0
3.7K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan