Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blunderbussesAvatar border
TS
blunderbusses
Hilangkan Kebiasaan Ini Saat Berbelanja Online!

Mungkin kita semua sekarang familiar dengan yang namanya belanja online, dan sangat memungkinkan bahwa semua orang sekarang lebih gemar berbelanja online dibandingkan dengan kebiasaan lama berbelanja di toko. Hal ini dikarenakan oleh:


1.Menghemat Waktu

Berbelanja online memang dijadikan pilihan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja di pusat perbelanjaan, namun harus memenuhi setiap kebutuhan. Dengan belanja secara online, kita yang sibuk hampir 24 jam saja, bisa mendapatkan barang yang kita inginkan. Sekitar 72% masyarakat memberikan alasan ini saat ditanya mengapa mereka memilih berbelanja online daripada offline.



2. Murah Dan Mudah
Berbelanja lewat online memang sangat mudah dan praktis sehingga membuat pembeli lebih menggemarinya. Pembeli hanya membutuhkan komputer atau smartphone yang terkoneksi langsung dengan internet. Selanjutnya pembeli dapat berbelanja langsung dari web, cari produk, klik dan langsung pembayaran. Selain itu, produk yang dijual di online juga tergolong murah jika dibandingkan dengan toko offline.


3. Tidak Repot
Kalau kita kebetulan sedang belanja dalam jumlah yang banyak namun kendaraan yang kita miliki tidak bisa menampung sepenuhnya barang belanjaan kita, tentunya ini akan sangat merepotkan. Dengan berbelanja melalui internet, kerepotan pada saat seperti membeli barang banyak tentu tidak akan terasa lagi, karena saat ini sudah banyak jasa expedisi di Indonesia yang cukup berpengalaman dalam mengirimkan barang dalam jumlah besar. Yang hanya perlu kita lakukan hanya memilih barang, selanjutnya kita bayar dan kemudian barang akan diantarkan ketempat kita.


4. Dapat Membandingkan Produk Dengan Mudah
Jika kita berbelanja produk yang kita inginkan di toko atau secara offline, tentu akan sangat kesulitan untuk membandinkan produk 1 dengan yang lainnya. Apalagi saat kita menemukan 1 produk di toko lain dengan harga yang lebih murah dari yang sudah kita dapatkan. Nah dengan berbelanja secara online, kita akan lebih mudah membandinkan lebih dari 1 produk dari beberapa toko online yang berbeda.
Biasanya masyarakat memang memanfaatkan toko online untuk mencari informasi seputar produk yang diinginkan. Entah pada akhirnya memutuskan berbelanja online ataupun offline. Sebanyak 61% dari jumlah responden memilih alasa ini ketika hendak berbelanja online.


5. Menemukan Produk Pasar Dengan Lebih Mudah
Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa toko online sering kita manfaatkan untuk mencari informasi tentang produk tertentu. Ini biasanya kita lakukan saat kita tidak menemukan produk di toko fisik atau offline. Dan ternyata kita mendapatkannya di toko online. Beberapa produk memang jauh lebih mudah ditemukan di toko online ketimbang di toko fisik. Sehingga masyarakat memilih untuk berbelanja secara online ketimbang offline. 58% masyarakat yang mengikuti survey ini mencari produk yang tidak ada di pasaran melalui media online. Hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produknya secara online.


6. Mendapat Harga Yang Lebih Murah
Selain menemukan produk yang tidak ada di pasaran, berbelanja secara online sering menjadi pilihan karena beberapa produk menawarkan harga yang jauh lebih murah daripada di toko ofline. Beberapa toko online memang saling beradu dan bersaing menjual produk dengan harga yang murah. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga membuat mereka memilih untuk membeli barang yang dibutuhkan secara online.
Sekalipun harus menambahkan beberapa rupiah untuk biaya pengiriman, konsumen tidak keberatan. Alasannya karena produk yang diinginkan sudah didapatkan, harga murah dan tidak repot untuk mencari nya dan membeli secara offline pasti sangat susah sekali dengan barang tertentu. Sebanyak 45% masyarakat memilih berbelanja online karena harga yang didapatkan jauh lebih murah daripada berbelanja langsung di toko.


7. Kualitas Yang Tidak Kalah Dari Toko
Seringkali kita khawatir jika membeli produk secara online akan mendapatkan kualitas produk yang lebih buruk daripada yang ada di toko offline. Tapi rumor itu segera terpecahkan ketika setidaknya 26% orang percaya bahwa produk yang dibeli secara online memiliki kualitas produk yang tidak kalah baik dari yang dibeli secara offline.




Nah, setelah barang datang biasanya anda langsung melakukan unboxing lalu langsung membuang packagingnya kan? Kebiasaan inilah yang harus anda perhatikan, karena tanpa kita sadari ketika kita membuang packaging tersebut, informasi-informasi kita masih tertempel di bungkusan tersebut. Saya sarankan untuk anda agar merobek informasi tentang nama,alamat dan nomor HP kita terlebih dahulu barulah membuangnya. Mengapa demikian? Berikut saya berikan beberapa contoh yang mungkin bisa saja terjadi apabila anda tidak merobek label informasi tentang nama,alamat dan nomor HP anda:



1.Informasi terkait diri kita bisa di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Sebagai contoh untuk kasus nomor 1 ini, bayangkan jika ada seseorang yang sedang melakukan penipuan dan mereka menggunakan informasi diri anda, tanpa sepengetahuan anda. Kemudian pada saat tersangka tersebut dicari, malah dicari ke rumah anda dan anda bisa menjadi tersangka terkait hal itu.



2.Data pribadi konsumen bisa di perjual belikan.
Yang ini mungkin tidak se-bahaya nomor 1 tadi, namun anda akan merasa risih apabila ada banyak telpon dan sms dari nomor yang tidak dikenal, menawarkan barang/jasa yang tidak anda perlukan.



3.Bisa menjadi korban ke-isengan orang yang tidak bertanggung jawab.



Spoiler for Contoh::



Di jaman sekarang ini, kita dituntut untuk lebih berhati-hati.Semoga informasi yang saya berikan berguna bagi kita semua yang sering dan hobi berbelanja online.emoticon-Big Grinemoticon-Toast


Quote:



0
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan