Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kopibrew.idAvatar border
TS
kopibrew.id
Dapatkah Kamu Meminum Kopi Berlebihan?

Pagi yang baru telah tiba. Apakah kamu tahu dimana kopimu saat ini? Jika kamu seperti kebanyakan orang, pasti kopimu sudah berada di samping kamu saat ini. Karena kami pun begitu.

Karena begitu banyak orang saat ini yang meminum kopi, banyak yang bertanya “Seberapa banyak kopi yang disebut berlebihan?”. Dapatkah kamu meminum kopi berlebihan?

Faktanya adalah bahwa banyak dari kita, termasuk kami, minum kopi terlalu banyak dalam 1 harinya. Seperti yang kebanyakan terjadi dalam kehidupan, sesuatu yang berlebihan baik pun dapat berakibat buruk untuk kita. Dan kopi, sayangnya juga demikian. Jadi seberapa banyak kopi yang bisa kita minum dan apa potensi efek samping dari meminum kopi dengan berlebihan?

Seberapa Banyak Kopi Yang Disebut Berlebihan?
Ketika kita berbicara tentang terlalu banyak minum kopi, berarti kita mengkonsumsi terlalu banyak caffeine dalam satu harinya. Menurut Mayo Clinic, orang dewasa yang sehat seharusnya hanya mengkonsumsi sekitar 400 miligram caffeine per harinya. Ini setara dengan sekitar empat cangkir kopi setiap hari.

Mari kita luangkan waktu untuk memahami fakta kecil ini. Ambilah segelas kopi dan cobalah untuk bersantai. Ketika kamu memikirkannya, 4 cangkir kopi adalah jumlah yang sesuai. Setelah itu, apakah kamu benar-benar ada waktu meneguk 12 cangkir kopi dalam satu hari? Kami meragukannya.

Tentu saja angka ini adalah rata-rata, dan sebanyak apa kamu mampu minum kopi dalam satu hari tergantung pada toleransi diri kamu terhadap caffeine dan kimia yang ada di dalam tubuh kamu. Mungkin beberapa orang lainnya hanya bisa menikmati 2 cangkir dalam sehari sebelum merasakan efek dari terlalu banyak kopi, dimana yang lainnya tidak merasakan apapun bahkan sampai cangkir keenam mereka. Penting bagi kamu untuk mengetahui batasan kamu dan untuk menghindari beberapa gejala dan efek samping negatif dari caffeine.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Caffeine
Itu benar, jika kamu meminum terlalu banyak kopi, kamu menelan caffeine lebih banyak dari yang seharusnya dan kamu mulai mengalami beberapa jenis efek samping. Beberapa efek samping kecil dan tidak mengganggu sementara lain bisa menjadi efek yang lebih serius.

Efek Samping Kecil
Pertama, mari kita lihat sedikit efek samping kecil yang dapat kita alami apabila terlalu banyak meminum kopi dalam satu harinya. Kami yakin bahwa kamu semua telah merasakan beberapa point ini selama menikmati kopi.

- Gangguan tidur
- Gugup
- Kegelisahan
- Mudah marah
- Sakit perut
- Jantung
- Detak jantung cepat
- Tremor atau nyeri otot


Seperti yang kamu lihat, banyak dari point-point tersebut terdengar akrab. Kita semua pernah mengalami gangguan tidur setelah meminum terlalu banyak kopi atau meminumnya pada malam hari, dan banyak dari kita yang berurusan dengan rasa gugup maupun gelisah seharian setelah meminum terlalu banyak caffeine pada pagi hari. Itu semua pernah terjadi pada kita semua. Tentu, tidak hanya gejala-gejala ini saja yang dapat kita alami. Masih ada beberapa efek yang dibilang jauh lebih serius.

Efek Samping Utama
Ada berbagai macam efek samping yang lebih serius yang dapat kamu alami ketika kamu meminum terlalu banyak caffeine. Dalam kebanyakan kasus, ini hanya terjadi setelah apa yang mereka sebut "Exposure Jangka Panjang" yang berarti bahwa kamu meminum kopi terlalu banyak dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun, gejala-gejala ini bahkan bisa terjadi setelah melampaui batas sekitar satu atau dua hari, ini artinya penting untuk melihat asupan caffeinemu dengan sangat hati-hati setiap harinya. Mari kita lihat beberapa efek samping utama yang dapat disebabkan oleh minum kopi yang berlebihan.

Kecemasan dan Psikosis -kita telah mengetahui bahwa meminum terlalu banyak kopi dapat membuat kamu merasa cemas, tetapi rasa cemas tersebut bisa naik ke tingkat yang lebih berbahaya dan bahkan mengganggu psikosis. Efek caffeine pada otak sangat mendalam dan pada beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan gangguan pada mental kamu.

Gangguan Pendengaran - halusinasi dan mengkhayal biasanya hanya dialami oleh mereka yang memiliki gangguan mental, tetapi meminum terlalu banyak kopi dapat membuat kamu mendengar hal-hal aneh seperti orang yang menderita skizofrenia. Yang menakutkan adalah, studi telah menemukan bahwa hanya dengan meminum satu cangkir besar kopi dapat menyebabkan hal ini terjadi, setidaknya pada beberapa orang.

Kejang Otot - kita semua dapat merasakan kegelisahan dari kopi sewaktu-waktu. Sebagian besar dari kita menganggap itu sebagai tanda bahwa kamu sudah waktunya memberhentikan pengkonsumsian kopimu, setidaknya untuk sementara waktu. Dalam kasus yang lebih ekstrim, kelebihan caffeine dapat menyebabkan kejang pada otot kamu. Apakah kamu pernah merasakan kedutan pada mata kamu? Itu bisa jadi karena kelebihan caffeine di dalam tubuh kamu. Kejang otot yang tidak terkendali bisa menjadikan gangguan lebih pada diri kamu, beberapa orang telah mengaku kesulitan mengendalikan kata-kata akibat dari kejang otot.

Osteoporosis - penyakit tulang ini ditandai dengan hilangnya kalsium dalam tulang yang menyebabkan pori-pori pada tulang membesar sehingga tulang menyusut dan menjadi sangat rapuh. Penyakit ini dapat dialami satu dari dua wanita dan satu dari setiap empat orang. Banyak ilmuwan percaya salah satu penyebab penyakit ini karena kelebihan caffeine. Sementara hasil pasti dari exposure jangka panjang, jika kamu ingin membatasi risiko berkembangnya penyakit ini, kamu harus mengurangi jumlah cangkir kopimu dalam sehari.

Kesimpulan
Seperti yang dapat kamu lihat, meminum terlalu banyak kopi adalah hal yang sangat memungkinkan. Ya, berapa banyak yang memiliki variasi berlebihan dari masing-masing individu dan tingkat toleransi serta berapa banyak caffeine yang kamu konsumsi secara teratur. Tapi setiap orang dapat dengan mudah melebihi asupan kopi dalam seharinya.

Ketika kamu kelebihan caffeine, kamu bisa mengalami berbagai gejala, bahkan lebih serius daripada penyaki yang lainnya. Jadi, apa yang harus kamu lakukan? Mungkin kamu pernah mendengar pepatah lama, “Segala sesuatu dilakukan teratur”. Terapkanlah pepatah tersebut dalam kebiasaan minum kopimu. Ingatlah, untuk orang dewasa cara yang paling sehat adalah dengan tidak meminum lebih dari empat cangkir kopi dalam sehari.

Karena kamu membatasi jumlah kopi yang kamu minum setiap harinya, kenapa tidak memastikan bahwa secangkir kopi yang sedang kamu minum adalah kopi terbaik yang kamu dapat dapatkan? Minumlah selalu kopi berkualitas tinggi dan seduhlah dengan benar untuk mendapatkan hasil terbaik pada setiap cangkirmu adalah cara terbaik dan kamu tidak perlu khawatir akan kelebihan batas harianmu dengan meminum kopi dengan berlebihan.

Jangan lupa rating, cendol dan share ya gan. Semoga artikel ini bermanfaat emoticon-Smilie

Sumber: ENTHUSIAST "COLD BREW" COFFEE (Klik Disini)

Thread Kami Tentang Kopi Lainnya:
- Apakah Kopi Tidak Baik Untuk Kesehatanmu? Ini Jawaban Ilmiahnya
- 10 Mesin Espresso Terbaik Dengan Harga Yang Terjangkau (HOT THREAD)
- Cara Memilih Kopi Kemasan Terbaik Yang Kamu Sukai
- Dapatkah Kamu Meminum Kopi Berlebihan? (HOT THREAD)
- Kebenaran Dibalik 'Beristirahat Dengan Caffeine' atau 'Coffee Nap'
- Dapatkah Kopi Membantu Kamu Untuk Tidur? (HOT THREAD)
- 7 Panduan Untuk Membeli dan Menyimpan Kopi (HOT THREAD)
- Kebenaran Tentang Caffeine di Dalam Kopi
- Beberapa Panduan Untuk Mulai Berkarir Di Bisnis Kopi. Sudah Tahu? (HOT THREAD)
- 10 Handy Grinder Kopi Terbaik
- Ilmu Pengetahuan Dibalik Kopi 'Blooming'
- Cappuccino vs Latte: Sejarah, Perbedaan dan Cara Membuatnya
Diubah oleh kopibrew.id 04-04-2017 06:27
0
18.5K
186
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan