Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

djktlawyerAvatar border
TS
djktlawyer
Menguak selubung dalam bisnis kemitraan driver online
BERAWAL DARI PERCAKAPAN DENGAN SALAH SATU DRIVER GRABCAR


Kebutuhan akan transportasi online merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Hadirnya berbagai perusahaan transportasi online sebagai penghubung antara masyarakat dengan pemilik kendaraan sebagai mitra bisnis driver online, menciptakan berjalannya roda bisnis yang sangat pesat di bidang transportasi online.

Singkat cerita ketika saya melakukan pemesanan salah satu driver online, driver tersebut berbagi pengalaman selama menjadi menjalani pekerjaan sebagai driver di GRABCAR. Satu poin penting yang bisa saya simpulkan dari berbagai pengalaman beliau adalah driver online berada dalam posisi "buah simalakama" yaitu di tengah sulitnya perekenomian sekarang ini, membuat posisi driver online berada dibawah tekanan pihak perusaahan. Memang dengan adanya konsep bisnis transportasi online, memberikan tambahan penghasilan dan lapangan pekerjaan baru kepada masyarakat. Akan tetapi, driver online ternyata banyak yang merasa diperbudak dan dipaksa bekerja keras (secara halus) oleh perusahaan transportasi online. Bagaimana tidak? Apabila driver online hanya mengandalkan pembayaran dari costumer yang murah meriah, tentu hanya memberikan sedikit tambahan penghasilan kepada driver. sehingga mau tidak mau, apabila ingin mendapatkan penghasilan yang lebih banyak, driver harus kejar target yang ditentukan perusahaan untuk mendapatkan bonus.

Sampai pada tahap bonus. Apakah semua berjalan lancar? Ternyata tidak. Banyak kejadian dan keluhan driver online terkait pembayaran bonus. Salah satunya yang detail menjelaskan hal tersebut ada di website suratpembaca.web.id yang saya kutip linknya di bawah ini.

INSENTIF TIDAK DIBAYAR

Kenapa hal ini bisa terjadi? JAWABANNYA ADALAH:
Karena SDM (Sumber Daya Manusia) adalah aset sebagai prinsip dalam berbagai perusahaan tidak berlaku bagi perusahaan transportasi online. Masih banyak calon-calon driver online di luar sana yang hendak bergabung untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


APAKAH HAL INI AKAN TERUS BERLANJUT? BELAJAR DARI SIFAT KRITIS MASYARAKAT EROPA, SUDAH BANYAK DRIVER YANG MENGAJUKAN UPAYA HUKUM SECARA BERSAMA-SAMA ATAU BIASA DISEBUT DENGAN GUGATAN CLASS ACTION


Diubah oleh djktlawyer 23-02-2017 04:49
0
3.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan