Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

godok.indonesiaAvatar border
TS
godok.indonesia
Alasan Kenapa Kombinasi Mie - Nasi harus Dihindari di Warung Kopi


Apakah Gan-sis termasuk penggemar mi instan? Sejak hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 1968, mi instan kini menjadi makanan favorit banyak orang. Hal tersebut tentunya tidak mengherankan, sebab selain harganya yang ekonomis sehingga terjangkau oleh setiap kalangan, mi instan juga praktis disajikan. Eits, hati-hati, lho! Karena dibalik semua kepraktisannya, mi instan ternyata menyimpan beberapa efek negatif bagi tubuh.



Perlu Gan-sis ketahui, bahwa di tiap bungkus mi instan, terkandung zat benzopyrene yang merupakan bahan pengawet bersifat destruktif. Awas! Karena jika sampai terakumulasi dalam tubuh, zat ini dapat memicu perubahan DNA pada jaringan tubuh sehingga sel dapat berkembang secara abnormal dan akhirnya memicu kanker. Mengerikan, bukan? Selain itu, para ilmuwan dari Harvard Universitymenyimpulkan bahwa kebiasaan terlalu sering mengonsumsi mi instan juga meningkatkan risiko Gan-sis terkena sindrom metabolik, suatu kondisi di mana tekanan dan gula darah dapat meningkat tajam secara tiba-tiba. Selain itu, semakin sering Gan-sis mengonsumsi mi instan, maka semakin tinggi pula kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke.



Hebatnya lagi di Indonesia mi instan sering dijadikan lauk pendamping nasi putih. Kebiasaan yang dianggap lumrah ini ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan? Mi instan, yang tinggi akan sodium dan lemak jenuh, akan menghasilkan 800-900 kalori jika dikombinasikan dengan nasi putih. Hal inilah yang membuat pankreas Gan-sis rentan mengalami gangguan sebab harus bekerja lebih keras. Selain itu, Gan-sis juga rentan terkena penyakit diabetes sebab tingginya asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.



Selain itu, asupan kalori berlebih dari kombinasi dua makanan tadi juga akan meningkatkan berat badan. Jika hal ini dibiarkan terus berlanjut, maka besar kemungkinan Gan-sis akan mengidap obesitas dan mengalami kerusakan organ hati.



Sebenarnya, konsumsi mi instan tidak dianjurkan sebab makanan jenis ini kaya akan bahan pengawet dan perasa buatan. Namun, Gan-sis bisa meminimalisir akibat buruknya dengan mengurangi kebiasaan memakan mi instan secara bertahap. Selain itu, sangat dianjurkan untuk tidak mengombinasikannya dengan nasi putih karena alasan kesehatan di atas. Ayo, mulai hidup sehat dari sekarang, karena mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati! emoticon-Jempol

Diubah oleh Kaskus Support 03 22-02-2017 06:25
0
5.3K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan