Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

C~LUVersAvatar border
TS
C~LUVers
[ASK] Cara Menghadapi Persaingan Harga Consumer Goods
Jadi gini ceritanya. Ane punya toko online di sebuah marketplace besar Indo. Harga barang ane termasuk salah satu yg paling murah di kategori tsb, kadang malah termurah untuk item tertentu. Makanya toko ane Alhamdulillah cukup laris.

Salah satu jualan ane, sebut aja produk A. Produk A ini punya banyak warna, dari sekian banyak warna yg ane jual, warna X yg paling laris. Untuk berikutnya kita sebut aja produk ini AX (a = jenis produk, x = warna produk).

AX ini emang produk all time favourite di mana2. Karena banyak dicari orang, gak heran banyak toko lain yg mahalin harga AX. Sekedar info, harga pasar produk A sekitar 95k - 120k. Untuk warna2 yg least favorite, kebanyakan jual 95k - 100k, sedangkan warna AX alias best seller banyak yg jual 105k ke atas. Ane sendiri jual AX 100k, sama dengan seluruh produk A warna lainnya yg juga ane jual 100k.

Karena AX yg ane jual termasuk murah, gak heran laris manis. Nah udah semingguan ini kok orderan AX jadi jarang ya?? Ane positif thinking awalnya, mungkin krn tanggal tua emoticon-Big Grin Tapi ane penasaran, kayaknya ga mungkin cuma gara2 tanggal tua deh. Dan bener dugaan ane, setelah sort pencarian pake harga terendah, ternyata banyak yg jual AX dengan harga jauh lebih murah, antara 88k - 95k emoticon-Hammer (fyi, 88k tuh kira2 setara dengan harga PO / pre order).

Gak muna deh, ane kesel. Mau marah juga ga mungkin karena hak tiap seller mau jual harga berapapun. Yg mau ane tanya:
1. AX ini kan consumer goods yg dijual di manapun barang dan kualitasnya sama. Otomatis buyer pilih yg paling murah dong, buat apa bayar lebih mahal utk barang yg sama.
Okelah karena barang ane gak ada added value nya, ane maksimalin di aspek lain, seperti: Foto produk yg menarik, fast response, ramah, packaging aman dan rapi.
Tapi kalo dipikir2, seller lain juga bisa melakukan hal yg sama kan?
Masa ane harus ikut2an turun harga, padahal harga ane udah termasuk murah?
Kalo udah gini keadaannya, apa yg sebaiknya dilakukan ya gan?

2. Sejauh mana sih seller bisa dibilang "merusak harga" ? Seller seperti kasus di atas apa termasuk merusak harga?

3. Yg ane paling takutkan, kalo ada pemain besar / supplier masuk ke marketplace yg sama dan jual dengan harga semurah-murahnya + stock bejibun. Ada tips utk menghadapi yg kayak gini?

Sekian unek2 ane, semoga ada agan2 di sini yg bisa bantu kasi pencerahan. Thanks emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh C~LUVers 22-01-2016 09:36
0
3.6K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan