Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alvientAvatar border
TS
alvient
Manusia Yang Bisa Mencicipi Suara
Hai agan-agan sekalian mau numpang ngethread...iseng-iseng sambil nungguin waktu pulang kerja emoticon-Malu emoticon-Malu
Sorry mayori kalo thread ane berantakan karena selama ini cuma jadi silent reader (penggemar rahasia kaskus) emoticon-Kaskus Banget

Mari disimak gan....

James Wannerton, seorang berkebangsaan Inggris dengan kemampuan yang sangat langka yang bisa mencicipi suara, yang mungkin tampak tidak masuk akal, tetapi ini adalah sebuah kenyataan bagi orang-orang dengan kondisi yang disebut synaesthesia, yang menyebabkan indra yang dimilikinya bercampur aduk.

Pada saat remaja, James selalu mengalami rasa yang tak disengaja pada lidahnya setiap kali dia mendengar suara. Mendengar nama Anne Boleyn di kelas Sejarah, misalnya, memberinya rasa yang kuat dari buah pir. Dia mengaitkan sebagian besar raja-raja Inggris dengan rasa tertentu, sehingga mudah baginya untuk mengingat fakta dan peristiwa. Hal ini selalu membantunya belajar lebih baik di sekolah.

Saat ia tumbuh dewasa, James menemukan bahwa kemampuan uniknya ini membantunya dalam aspek kehidupan lainnya juga. Hubungan dengan orang-orang sekitarnya menjadi sangat lezat baginya, dia memilih teman-temannya bukan karena penampilan atau kepribadian mereka, tetapi berdasarkan pada bagaimana nama mereka terasa di lidah nya. Teman-teman sekolahnya sering dirasakan lidahnya memiliki rasa yang kuat dari irisan kentang dan selai stroberi, sementara wanita-wanita yang dia kencani terasa seperti irisan rhubarb dan anggur yang meleleh.

Spoiler for pic:


"Aku selalu lebih suka ibuku daripada ayahku karena ibuku rasanya lebih enak, dia rasanya seperti kacang polong dan seperti es krim yang kadang-kadang membuat otak saya beku, "candanya.

Dia juga tidak kesulitan mengingat setiap belokan di jalan untuk berangkat bekerja. "Rute saya adalah seperti sebuah set menu," jelasnya. "Dimulai dengan selai sandwich dan berakhir dengan Rolo yang manis."

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Edinburgh, empat persen dari populasi Inggris mungkin akan terpengaruh oleh pengaburan indera. Dan synaesthesia terjadi dalam berbagai bentuk. Jenis yang paling umum adalah grafem-warna synaesthesia, di mana orang melihat kata-kata dan angka sebagai warna.

Spoiler for pic:


Kondisi yang dimiliki James ini dikenal sebagai kata-rasa atau leksikal synaesthesia gustatory, yang merupakan bentuk yang relatif langka dari synaesthesia.

Ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa kondisi ini terjadi, beberapa menunjukkan bahwa hal itu terjadi karena efek silang saraf dari bagian-bagian tertentu dari otak. Yang lain mengatakan bahwa mereka dilahirkan dengan kondisi ini, tapi kebanyakan kasus synaesthesia ini terjadi setelah cedera otak.

Menariknya, kondisi James ini tidak terdiagnosis sampai dia dewasa. "Ketika saya berusia sepuluh tahun, orang tua saya membawa saya ke dokter keluarga karena saya merasa terganggu ketika duduk ujian, suara pensil bergulir dari meja terasa seperti roti gandum dengan benjolan besar di dalamnya, dan hal itu membuat saya terganggu, "katanya. "Dokter mengatakan kepada orang tua saya bahwa itu adalah bagian dari pertumbuhan dewasa, saya memiliki imajinasi yang terlalu aktif. Selama masa remaja saya, saya diberitahu bahwa saya hanya mencari perhatian. Saya bahkan tidak mengetahui bahwa synaesthesia ada sampai saya berumur 20 tahun".

Spoiler for sumur gan dari blog ane:


Terima kasih agan-agan udah mau baca thread ane yang berantakan ini... emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
0
2.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan