Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

7clAvatar border
TS
7cl
[TRIP REPORT} Milan EXPO 2015 - EXPO Milano 2015


Spoiler for DISCLAIMER:



Hai agan-aganwati semua, ane mau sharing cerita kunjungan ane di Milan EXPO 2015 yang berlangsung selama 6 bulan dari bulan Mei sampai Oktober 2015 ini.
Ane dapet kesempatan berkunjung kei Milan EXPO tanggal 21 Mei kemarin dan ane pengen share pengalaman ane ke agan aganwati sekalian.


emoticon-Toastemoticon-Shakehand2 emoticon-Selamat emoticon-Peluk



Apaan sih Milan EXPO?

Acara macem ini diadain tiap 5 tahun sekali lhp gansis. Induk organisai dari EXPO ini adalah Bureau of International Expositions (BIE) yang bermarkas di Paris, menaungi 168 negara anggota dan Indonesia adalah salah satunya.

Sebelumnya EXPO 2010 berlangsung di Shanghai, China dan yang selanjutnya EXPO 2020 akan berlangsung di Dubai.
Tahun 2015 ini yang kebagian jatah ngadain EXPO adalah kota Milan di Italy di lahan seluas 200 hektar di area Milan Roserio-Rho.

Partisipan Milan EXPO 2015 ini terdiri dari setidaknya 112 negara dan dari berbagai macam Organisasi Internasional dan juga Corporate.

Negara partisipan EXPO bebas mengekspresikan rasa, warna, budaya dan juga bebas merancang dan membangun bangunan tempat pameran masing-masing yang disana disebut dengan Pavilion.

Dengan ekspektasi 20 juta pengunjung yang bakal mengunjungi Milan EXPO 2015 di indahnya musim Spring-Summer di Italy ini tentunya setiap negara bakal berusaha maksimal dalam menunjukkan ciri khasnya masing-masing.


emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S)


emoticon-Blue Guy PeaceTHE STORY BEGINemoticon-Blue Guy Peace


Ceritanya bermulai dari Aiport ya gan karena anginep di sebuah Airport Hotel di Malpensa Airport Milan.

Dari Airport agan bisa naik bis ke lokasi pameran dengan membayar tiket 10 Euro untuk one way ticket atau 16 Euro untuk tiket boilak balik.
Ane ambil tiket one way soalnya pulangnya pengen naik kereta aja. Cuaca hari itu agak mendung jadi ane siap payung dan emang sempet hujan deres sebentar tapi habis hujan terbitlah terang jadi tetep bisa nikmatin suasana EXPO semaksimal mungkin.
Spoiler for naik bis:

Sesampainya di pemberhentian bis agan musti jalan sebentar lewat stasiun subway buat ke lokasi Milan EXPO. Jangan takut petunjuk jalan cukup jelas kok.
Spoiler for direction:

Agan bisa beli tiket masuk online di website atau beli langsung aja di booth kaya ane. Pas beli tiket ane ditanyain umur, ane umur 23 tahun dikasih harga tiket 33 Euro.
Di depan ane ada bapak bapak yang beli tiket juga sependengeran ane sih dia bayar 39 Euro. TIket buat anak muda berati lebih murah emoticon-Ngakak (S)
Masuk ke lokasi pameran ada pengecekan pake metal detektor sama x-ray buat tas.
Spoiler for foto:


emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S)


PAVILION


Seperti yang udah ane bilang diatas setiap negara bebas berekspresi dengan Pavilion masing-masing, tapi juga ada beberapa negara yang bareng-bareng menempati satu kompleks (Cluster), mungkin supaya hemat ongkos emoticon-Malu (S)

Karena ada banyaknya Pavilion disini dan Pavilion yang menarik buat masuknya aja antre panjang ditambah ane cuma punya sehari di Milan jadi ane ga sempet untuk masuk ke semua Pavilion yang ada. Anyway ane mau ceritain beberapa Pavilion yang sempet ane foto atau ane masukin oke oke.
Spoiler for suasana:

Ane laper! yaudah ane lansgung cari makan dulu dan Pizza jadi pilihan pertama ane. satu loyang utuh Margherita Pizza seharga 12 Euro. fotonya ga ada karena pas ujan orang pada neduh jadi tempat makannya rame banget ane makan sambil berdiri repot.
Yang pasti rasa Pizzanya bener bener deh gan. mama mia pokoknya.
Spoiler for chefs:

Perut kenyang hati senang lanjut bang!


ITALIAN WINE PAVILION
Disini isinya pameran Italian Wine gansis. Dari mulai sejarahnya, region wine, aroma, warna, dan pandangan orang Italy terhadap wine itu sendiri.
Yang misterius disini adalah penggunaan bahasa Cina di sebelah Bahasa Italy dan Inggris. sedangkan di tempat- tempat lain palingan hanya nampilin bahasa Italy dan Inggris aja. Ane gatau kenapa gan. mungkin ada yang bisa jawab?
Spoiler for vino:

Accademia Citterio - Salumeria Italiana (Italian Delicatessen)
Isinya jualan Ham (cured - preserved meat). ada 7 jenis yang dijual disini dan tiap jenis nunjukin sciri khas dari daerah masing masing di Italy. kalo mau ngicip boleh gan, 3 jenis bebas pilih seharga 4 Euro dan komplit 7 jenis seharga 8 Euro (kalo ga salah). disajiin dengan Grissini (bread stick).
ane sih ga beli gan masih kekenyangan makan pizza tadi.
ada layar kecil dan headphone buat personal untuk dengerin dan liat penjelasan cerita dibalik Ham itu gan.
Spoiler for ham:


TREE OF LIFE
ini salah satu landspae yang ada di Milan EXPO. ada sebuah landmark yang betuknya mirip pohon dan setiap beberapa jam seklai ada fountain show dan musik buat dinikmatin pengunjung.
Spoiler for treeoflife:


Germany Pavilion - Fields of Ideas
Sepenglihatan ane ini salah satu Pavilion yang banyak peminatnya. Ane ngantri hampir sejam gan buat masuk ke pamerannya.
Spoiler for :

Pas ngantre kita dikasih selembar kardus berlapis kertas putih yang nanti bakal dipake buat media pamerannya. Ada 3 macem gan ada yang buat bahasa Inggris, Italy, dan tentunya Germany. tapi semuanya sama aja kardus dan kertas kosong.

Masuk masuk kita diliatin presentasi yang ane ga gitu paham soalnya pake bahasa Italy.
Spoiler for :

Lanjut ke ruang pamerannya gan. macem macem informasi tentang pengolahan sumber daya alam di Germany, Eropa dan dunia menurut pandangan mereka.
Spoiler for Germany:

Inilah kegunaan di kardus tadi. Ada beberapa spot yang kita bisa pake kardus ini sebagai media informasi pbuat kita. Di atas ada semacaem proyektor dan sensor yang bikin proyeksinya pas ke kardus itu tadi.
penggunaannya juga interaktif. misal kalo digoyang ke kanan/kiri proyeksinya juga bakal pindah ke slide presentasi selanjutnya. ane lihat yang kardusnya orang Italy bahasanya juga pake bahasa Italy gan. Satu kata = Canggih.
Spoiler for kardus:

Di lantai 2 Pavilion ada semacaem kebun yang nampilin berbagai macem taneman dan cara pertanian orang sana. ane belom sempet liat secara seksama tiba tiba ada staff yang manggil kasitau ane kalo ada show musik di ruangan sebelah.
ane pilih buat masuk ke ruangan tersebut.
Spoiler for :

Di dalem ada 2 orang yang main musik dan nyanyi2 menghibur kita dan interaktif contohnya kita diminta biikin suara suara dari kardus itu tadi buat bikin perpaduan musik yang enak didenger.
Itulah akhir dari kunjungan ke Germany Pavilion


Russian Federation Pavillion - Growing for the World. Cultivating for the Future
Ane masuk buat liat-liat aja gan. dari luar megah banget kelihatannya. Ga ngantri juga kok.
Spoiler for RUSSIA:


USA Pavillion - American Food 2.0: United to Feed the Planet
Spoiler for USA:


Slow Food - Biodiversity Square
Lokasinya deket sama Pavilion Indonesia. Disini Isinnya ada semacem kebun kecil gitu, mungkin beberapa bulan lagi kalo pas berbuah lebih bagus. ada juga booth yang yang jual keju dan wine disini.
Ada juga tempat interaktif dimana kita bisa baca buku, iseng iseng kreatif bikin sesuatu pake biji-bijian, tebak tebakan nama bahan makanan, dan bisa juga nonton video.
Spoiler for slowfood:


emoticon-I Love Indonesia (S)Indonesia Pavilion - Stage of The World emoticon-I Love Indonesia (S)
Ini kan yang agan sista tunggu tunggu emoticon-Malu (S)
ane bakal ceritain deh pengalaman ane masuk di Pavillion Indonesia yang sedikit banyaknya hasil dari kerja keras dan perjuangan dari Alm. Didi Petet.
ane ga bakal bahas berapa uang dan alokasinya atau keterlibatan badan-badan tertentu yang sudah berhasil membawa nama Indonesia sampai ke Milan EXPO karena intinya sebagai pengunjung ane hanya datang dan enjoy the show.
Spoiler for Indonesia:

Masuk ke Pavilion Indonesia langsung disambut sama bapak penerima tamu dengan senyum ramah ala Indonesia dan pakaian batik yang rapih. Ane juga berjumpa dengan beberapa orang Indonesia yang berkunjung kesana dan sempet ngobrol sebentar sebelum mereka pergi.
Spoiler for isiinya:

Pavilion Indonesia menurut ane cukup sederhana tapi lumyan bisa menarik perhatian pengunjung Milan EXPO, terutama dari makanan yang dijual disini.
Spoiler for makaaann:

Setau ane juga di saat tertentu ada pentas tari tradisional tapi pas ane mampir lagi ga ada pementasan apa apa.


Pavilion Lainnya

Spoiler for JEPANG:


Spoiler for COCACOLA:


Spoiler for TURKMENISTAN:


Spoiler for QATAR:


Spoiler for MONACO:


Spoiler for ROMANIA:


Spoiler for HUNGARIA:


Spoiler for AZERBAIJAN:


Spoiler for SPAIN:


Spoiler for UK:


Spoiler for CHINA:


Spoiler for URUGUAY:


Spoiler for THAILAND:


Spoiler for MALAYSIA:


Spoiler for KOREA:


Spoiler for REPUBLIK CEKO:


Spoiler for ANGOLA:


Spoiler for TS NAMPANG:


emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)


Akhir kata sebagai penutup thread ini ane ucapin terimakasih buat yang udah mau mampir baca thread buatan ane ini.

Ane tunggu komentar pendapat agan sista kalo ane usahain buat tanggepin semampu ane emoticon-Malu (S)

Ga nolak cendol gan


emoticon-Ngakak
Diubah oleh 7cl 24-05-2015 05:53
0
4.4K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan