Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agoengfunkAvatar border
TS
agoengfunk
10 Insiden Kontroversial Dalam Sepakbola



Handball Luis Suarez di Piala FA Minggu lalu bukan yang pertama dalam sepakbola dimana pemain memperoleh keuntungan tak adil atau tak layak dari kontroversi. Ingat akting Rivaldo pada 2002 dan aksi Thierry Henry menggunakan tangan jelang gol Prancis ke gawang Irlandia? Berikut 10 kontroversi dalam sepakbola menurut Guardian:

1: Rivaldo (Brazil vs Turki 3 Juni 2002)

Pemain Brazil ini kemudian mengakui insiden yang merupakan salah satu akting permainan paling nyata yang pernah dilihat orang tersebut. Ia menjadi bahan ejekan masyarakat dunia.
Saat itu Hakan Unsal menendang bola ke arah tulang kering Rivaldo, penyerang ini lalu jatuh dan memegang wajahnya. Unsal dikeluarkan. "Bola menyentuh kaki saya, tetapi pemain lain masih tetap salah menendang bola ke arah saya," Rivaldo menegaskan.

2: Thierry Henry (Prancis vs Republik Irlandia 18 November 2009)

Tidak ada keberuntungan buat Irlandia karena handball Henry yang benar-benar nyata sebelum lahirnya gol William Gallas selama babak playoff meloloskan Prancis ke Piala Dunia 2010. Sebaliknya Irlandia gagal. Irlandia bahkan berharap laga diulang, tapi skenario ini ditolak FIFA. "Saya akan jujur, itu handball. Tapi saya bukan wasit. Saya memainkannya (bola), wasit mengijinkannya," aku Henry.

3: Luis Suárez (Mansfield vs Liverpool 6 Januari 2013)

Peluang Mansfield menjalani laga ulang Piala FA di Anfield seperti dicuri oleh Liverpool setelah Suarez melakukan handball sebelum mencetak gol kedua The Reds. Liverpool menang 2-1. "Ketika kamu melihat Luis Suárez tertawa saat ia menendang bola melewati garis, ia tahu sendiri apa yang terjadi," ujar kiper Mansfield, Alan Marriott.

4: Watford vs Reading (20 September 2008)

Reading dihadiahi apa yang disebut "gol hantu" ketika unggul atas Watford karena ofisial secara salah meyakini bola yang sebenarnya sudah keluar lapangan pertandingan masuk ke gawang. Meskipun ada protes di stadion Vicarage Road, wasit muda Stuart Attwell tidak merubah keputusannya. Gol itu tetap disahkan. Pertandingan berakhir 2-2.

5: Roy Carroll (Manchester United vs Tottenham 4 Januari 2005)

Laga antara United dan Spurs masih bertahan 0-0 saat gelandang tim tamu, Pedro Mendes sebenarnya berhasil memperdaya kiper Roy Carroll. Tendangan Mendes dari jarak 50 meter dengan mudah melewati garis gawang sebelum Carroll menangkapnya kembali. Anehnya tak ada satu pun ofisial yang memperhatikannnya dan permainan berlanjut. "Itu salah satu situasi dimana kamu hanya perlu terus melanjutkan (pertandingan), sama seperti yang dilakukan pemain lain," Carroll mengakui juga.

6: Slaven Bilic (Prancis vs Kroasia 8 Juli 1998)

Kartu merah yang diterima Laurent Blanc benar-benar merugikan dirinya di Piala Dunia 1998. Ia akhirnya tak bisa menjadi bagian tim Prancis di partai final yang mereka menangkan di negeri sendiri. Blanc dikeluarkan di babak semifinal karena dituduh menyikut Bilic saat tendangan bebas diarahkan ke kotak penalti Kroasia. Tayang ulang menunjukkan tidak ada serangan seperti itu, tapi Bilic kukuh tak mengakui peristiwa tipuan itu.

7: Luis Suárez (Uruguay vs Ghana 2 Juli 2010)

Ketika skor masih tertahan 1-1, handball di garis gawang dari Luis Suarez mencegah terjadinya gol pemain Ghana, Dominic Adiyiah di menit terakhir babak tambahan perempatfinal Piala Dunia 2010. Suarez dikeluarkan, tetapi pemain Ghana gagal mengeksekusi penalti. Uruguay lolos ke semifinal lewat kemenangan adu penalti. "Apakah Suarez juga disalahkan karena Ghana gagal penalti? Kita berusaha menjadi terhormat dan bila kalah kita berusaha mencari alasan. Kalian tak seharusnya menyalahkan pihak ketiga," tegas pelatih Uruguay, Oscar Tabarez.

8: Luiz Adriano (FC Nordsjaelland vs Shakhtar Donetsk 20 November 2012)

Adriano akhirnya dikenai sanksi satu pertandingan dalam insiden gol paling kontroversial sepanjang sejarah Liga Champions. Seolah tak sadar, atau sengaja mengacuhkan, bahwa salah satu rekan setimnya memberikan bola kembali kepada Nordsjaelland menyusul perawatan karena cedera yang dialami salah seorang pemain, Adriano berlari menerobos pertahanan tuan rumah, mengelabui kiper dan mencetak gol.

9: Dida (Celtic vs AC Milan 3 Oktober 2007)

Gol menit-menit akhir dari Scott McDonald memberikan kemenangan buat Celtic. Suasana pun penuh kegembiraan dan salah satu suporter tuan rumah berlari ke lapangan, mengejek dan mengenai kiper Milan, Dida. Kontak sebenarnya ringan, namun beberapa detik kemudian Dida bereaksi dengan lucu layaknya tayangan komedi. Ia mengejar sang suporter sebelum sontak kolaps dan harus ditandu keluar lapangan. UEFA menjatuhkan larangan bermain dua pertandingan untuknya atas insiden yang sengaja dibesar-besarkan itu.

10: Sergio Busquets (Barcelona v Inter Milan 28 April 2010)

Pemain Inter, Thiago dikeluarkan saat partai Liga Champions baru berjalan 28 menit, karena dianggap sengaja mengenai wajah Busquets. Kejadian itu menjadi lucu setelah usai berguling-guling sambil tertelungkup di lapangan, pemain Barcelona itu dengan licik mengintip dari sela jari-jari yang menutup wajahnya untuk memastikan bagaimana posisi dan reaksi wasit.


Semua itu bener2 kejadian yang kontroversial yang pernah ada dalam ajang sepak bola Internasional ya gan,, apalagi yang kejadian Thiago di keluarkan dari lapangan ketika terjadi pelanggaran mengenai muka si Busquets...sempet2nya si Busquets mengintip dari sela2 jari yang buat nutupin mukanya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


kalo berkenan boleh kasi emoticon-Blue Guy Cendol (L) donk gan emoticon-Big Grin
Diubah oleh agoengfunk 17-02-2013 04:12
0
13.5K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan