Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lah.lahAvatar border
TS
lah.lah
Protes Perayaan Takeshima, Korsel-Jepang Kembali Tegang

SEOUL– Hubungan Korea Selatan dan Jepang kembali tegang akibat sebuah upacara yang diadakan di wilayah sengketa kedua negara. Upacara tersebut diselenggarakan di Kepulauan Takeshima atau yang disebut Dokdo oleh Korsel.

Jepang merayakan Hari Takeshima pada 22 Februari untuk memperingati klaim mereka atas wilayah tersebut. Untuk mempertegas hal ini, Pemerintah Jepang mengirim Sekretaris Kantor Kabinet Parlemen, Yohei Matsumoto, untuk menghadiri perayaan itu.

Menanggapi tindakan Pemerintah Jepang tersebut, Kementerian Luar Negeri Korsel mengeluarkan pernyataan keras terhadap Pemerintah Jepang.

“Sangat disesalkan, Pemerintah Jepang sekali lagi mengirim pejabat tinggi untuk menghadiri perayaan yang provokatif yang diadakan pemerintah lokal. Kami memperingatkan Pemerintah Jepang, kami tidak akan memberi toleransi terhadap provokasi apa pun mengenai Dokdo, yang secara tegas merupakan wilayah kami, baik secara sejarah, geografis, maupun hukum internasional,” demikian pernyataan Juru Bicara Kemlu Korsel Noh Kwang Il, seperti dilansir Inquistr, Senin (23/2/2015).

Noh juga menyebut sikap Pemerintah Jepang tersebut sebagai langkah mundur hubungan kedua negara. Dia mempertanyakan keseriusan Pemerintah Jepang untuk memulai hubungan terbuka di antara kedua negara.

Sejumlah warga Korsel juga menggelar protes di depan Kedutaan Besar Jepang. Mereka meminta Jepang untuk mengakhiri perayaan Hari Takeshima tersebut.

Sejak 1954, Korsel telah mengumumkan klaim atas Dokdo. Petugas pantai pun telah ditempatkan di wilayah sekitar, dan memberlakukan zona larangan bagi angkatan laut di sekeliling pulau.

Pada 1965, kedua negara sepakat untuk melakukan normalisasi hubungan. Meski begitu, sengketa wilayah tersebut semakin bertambah sengit.


Sumur

Makanya pemanasan dulu biar gak tegang. emoticon-Malu (S)
0
2.9K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan