Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

autokritikAvatar border
TS
autokritik
[BUDI GUNAWAN]Kapolri 'Selera' Jokowi
Jakarta - Isu pergantian Kapolri kian panas. Meski Istana pernah membantah adanya rencana tersebut, namun beberapa kabar menyebut Presiden Joko Widodo sudah menunjuk salah satu jenderal di Polri untuk menggantikan Jenderal Sutarman. Lalu, Kapolri seperti apa yang menjadi selera presiden?

Pemilihan seorang Kapolri biasanya melalui beberapa prosedur, salah satunya adalah menggodok nama-nama yang diajukan di Tim Penilaian Akhir (TPA) yang dipimpin Wakil Presiden. Ini juga berlaku untuk memilih pimpinan-pimpinan lembaga setingkat kementrian. Di dalam TPA terdapat beberapa unsur penilai, antara lain Kemenpan RB dan juga BIN.

Itu adalah prosedur ajeg yang selalu diterapkan. Namun, hal itu tentu saja bisa berubah di era kepemimpinan Joko Widodo. Ambil contoh saat pemilihan ajudan atau Komandan Paspampres dimana unsur jenjang karir atau prestasi dikesampingkan. Presiden lebih memilih 'orang dekat' atau yang pernah bekerja dengannya.

Tidak hanya itu, beberapa 'orang dekat' di masa kampanye Jokowi dulu juga masuk dalam lingkaran pemerintahan duduk di beberapa pos-pos pemerintahan. Nah, terkait siapa calon Kapolri selera Jokowi, Politisi PDIP Pramono Anung berkicau siapa calon yang akan memimpin kursi TB 1.

"Twitt yang saya hapus semalam, hari ini suratnya keluar, selamat bertugas di posisi baru sahabatku, menjadi orang pertama #TB1," kicau Pram.

Ada yang menarik ketika Pram, sapaan akrab Pramono, menulis sang calon Kapolri adalah seorang 'Sahabat'. Siapa dia?

Di lingkaran PDIP ada satu jenderal yang tidak asing lagi dengan beberapa politisi Banteng, Komjen Budi Gunawan. Dia saat ini menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol). Di 2004, Budi Gunawan merupakan mantan Ajudan Presiden Megawati. Ada kesesuaian dengan selera Jokowi dalam memilih beberapa orang untuk pemerintahan yang dipimpinnya, orang dekat atau pernah bekerja bersama.

Sementara itu, Seskab Andi membenarkan bahwa presiden sudah menunjuk pengganti Jenderal Sutarman, yaitu Komjen Budi Gunawan. Penunjukan itu tersurat dalam Surat bernomor R-01/Pres/01/2015 tersebut tertanggal 9 Januari 2015. Perihal: pemberhentian dan pengangkatan Kapolri.

"Ya, betul," uja‎r Seskab Andi Widjajanto saat dikonfirmasi, Jumat (9/1/2015).

SUMUR

Jokowi Sodorkan Budi Gunawan: Ini Mimpi Buruk

Spoiler for :


DPR Benarkan Budi Gunawan Jadi Calon Tunggal Kapolri

kilas balik Budi gunawan :

Jenderal Rekening Gendut Tidak Etis Jadi Kapolri

Kalla Gunakan Jenderal Rekening Gendut Dekati Mega

Spoiler for :



kemarin udah ada pembersihan nama budi gunawan

Beredar Surat dari Polri Komjen Budi Gunawan Bebas Rekening Gendut



Surat berkop Bareskrim Polri yang ditulis tangan di nomornya itu sendiri bernomor R/1016/Dit Tipideksus/X/2010/Bareskrim. Surat itu bertanggal 20 Oktober 2010. Ada 3 poin yang disebut di surat yang ditandatangani Direksus Bareskrim Polri saat itu Kombes Arief Sulistyanto, yang kini menjadi Kapolda Kalbar.

Berikut isi 3 poin di surat itu:

1. Rujukan:

a. Surat Perintah Penyelidikan Nomor: Sp-Lidik/131.a/V/I2010/Dit II Eksus tanggal 21 Mei 2010
b. laporan hasil penyelidikan terhadap Analisis Transaksi Keuangan PPATK terhadap Irjen Pol Budi Gunawan SH MSI

c. Surat Kapolri Nomor: B/1538/VI/2010/Bareskrim tanggal 18 Juni 2010 perihal pemberitahuan hasil penyelidikan transaksi keuangan mencurigakan perwira tinggi Polri an Irjen Pol Budi Gunawan SH MSI

2 Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, dengan ini disampaikan bahwa LHA dari PPATK tentang laporan transaksi keuangan atas nama Irjen PoI Drs. Budi Gunawan SH MSI dari hasil penyelidikan disimpulkan sebagai transaksi yang wajar dan telah diberitahukan kepada Kepala PPATK dengan surat Kapolri sebagaimana point 1.c. tersebut diatas.

3. Demikian untuk menjadi maklum.

Ketika dikonfirmasi terkait surat tersebut, Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komjen Pol Suhardi Alius belum mengetahuinya.

Quote:
Diubah oleh autokritik 10-01-2015 03:52
0
6.9K
76
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan