Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

devitapraAvatar border
TS
devitapra
Mengenal Bangsa Penakluk Dunia, Mongol (Tartar)


Sekilas Mongol


(1) Bangsa Mongol disebut juga sebagai Tatar atau Tartaroleh orang-orang yang terteror. Kata ini berasal dari "Tata", nama orang Mongol menyebut diri mereka sendiri. Namun, kata ini terdengar sangat mirip dengan Tartarus (mitologi Romawi untuk Neraka), jadi mereka mulai memanggil Mongol Tatar yang berarti “Orang-orang dari Tartarus" atau “Orang-orang dari Neraka.” Etnis Tatar sendiri sekarang mengacu pada etnis Turki yang mendiami Rusia, Kazakhstan dan Siberia.

(2) Sejarawan cenderung tidak menggambarkan peranan wanita Mongol. Padahal dalam peradaban Mongol, para wanita bertugas menjaga perekonomian berjalan dan memegang beberapa posisi tertinggi dalam agamanya. Beberapa wanita malah menjadi pemimpin seperti Ratu Mandukhai Khatun, dimana setelah kematian Jenghis Khan ia tetap berjuang menyatukan Mongol.

(3) Bangsa Mongol adalah pengembara, sehingga komunikasi antara pemimpin dan perwira sangat penting meskipun dalam masa penaklukan keadaannya menjadi sulit. Mereka memecahkan masalah ini dengan menciptakan sistem pos yang disebut Yam. Utusan khusus mengirim surat dari Yam ke Yam (jarak antar Yam, paling jauh sekitar 64 km). Di China sendiri terdapat 1.400 Yam dan petugasnya memiliki 50.000 kuda. emoticon-Belo

(4) Salah satu prestasi mereka adalah penaklukan Jalan Sutra, yaitu rute perdagangan utama antara Asia dan Eropa sepanjang hampir 6.500 km. Mongol terlebih dahulu menumpas bangsa Arab dan Turki di rute itu. Setelah dikuasai, mereka memperlakukan para pedagang dengan baik, karena mereka menjadi sumber pendapatan dari berbagai bea tol dan pajak. emoticon-thumbsup

(5) Pax Mongolica adalah periode perdamaian dan kemakmuran pada abad 13 dan 14. Wilayah Mongol luasnya 15 juta km persegi dengan penduduk lebih dari 100 juta orang. Dengan sistem pemerintahan, komunikasi efisien dan pesatnya perdagangan internasional, periode setelah penaklukan oleh Bangsa Mongol menjadi salah satu periode paling damai dalam sejarah.

(6) Satu periode paling kuat dari Kekaisaran Mongol adalah Golden Horde, yaitu kekaisaran yang dibangun oleh cucu Jenghis Khan, Batu Khan pada tahun 1251. Golden Horde meliputi sebagian Rusia modern, Ukraina, Kazakhstan, Moldova dan Kaukasus. Golden Horde membuat Rusia terkucil dalam masa kegelapan. Saat itu para pemimpin spiritual Mongol banyak memeluk Islam.




(7) Bangsa Mongol memutuskan sejak awal bahwa untuk menaklukkan kerajaan lain, mereka harus menerima adat istiadat masyarakat yang ditaklukkan.emoticon-thumbsup Mongol membiarkan rakyat memelihara agama dan budaya mereka, termasuk pengurangan pajak bagi para pemuka agama.

(8) Subutai adalah salah satu alasan terbesar mengapa Jenghis Khan mampu mendirikan Kekaisaran Mongol. Ia adalah salah satu pemimpin taktik militer paling cemerlang dalam sejarah.[b] Subutai mempelopori penggunaan pengepungan persenjataan dan intelijen militer. emoticon-army: Subutai selalu menemukan taktik lawan yang digunakan sebelum merancang sendiri serangan paling efektif untuk menaklukannya.

(9) [b]Ketika Jenghis Khan meninggal selama penaklukan China, anaknya -Ogedai- menggantikannya. Ogedai dan Subutai mengalihkan penaklukan ke Eropa tetapi Ogedai meninggal pada 1241. Eropa beruntung. Pengganti Ogedai, Guyuk Khan menarik Subutai yang saat itu berusia 70 tahun ke China dan berjuang di China selama setahun sebelum kembali pulang dan meninggal karena usia tua . emoticon-Berduka (S)


(10) Prajurit Mongol berperang di atas kuda setiap kali mereka bisa. Kekuatan kuda yang mengesankan merupakan senjata. Pedang mereka adalah pedang melengkung yang mudah digunakan baik di atas kuda atau berjalan kaki. Tombak, gada dan belati juga sering digunakan. Beberapa prajurit Mongol menggunakan mesiu peledak.

(11) Senjata jarak jauh yang paling umum adalah busur komposit, senjata kecil tapi kokoh, 2x jangkauan busur Inggris abad pertengahan. Jenis panah yang digunakan tergantung pada situasi. Yang paling terkenal adalah panah berongga yang membuatnya bersuara melengking saat dilepas, berguna untuk menakut-nakuti musuh.

(12) Perisai tidak digunakan sampai periode akhir era Mongol. Alih-alih menggunakan perisai besi, prajurit Mongol menyukai menggunakan pelindung yang terbuat dari kulit kuda yang direndam dalam urin untuk mereka kenakan dan untuk kudanya. emoticon-Belo

tkp

Patung Equastrian Terbesar di Dunia, Gengis Khan, di Mongol


Sepengamatan TS tadi, ini no emoticon-Blue Repost loh emoticon-Shakehand2


emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
neonong
stomap
stomap dan neonong memberi reputasi
2
17K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan