Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pus_abuabuAvatar border
TS
pus_abuabu
Berita MRT Surabaya - Ini Bocoran Wajah Transportasi Surabaya Masa Mendatang
Ini Bocoran Wajah Transportasi Surabaya Masa Mendatang

Budi Sugiharto - detikNews

Surabaya - Surabaya di masa mendatang seperti apa? Di masa lalu, Kota Pahlawan telah memiliki sarana transportasi trem yang rutenya mengeliling kota.

Yang pasti, Pemkot Surabaya dibawah kepemimpinan Tri Rismaharini tengah menyiapkan monorel dan trem untuk menghubungkan Surabaya wilayah Barat-Timur dan Selatan-Utara.

Jika menyaksikan video yang diunggah di youtube, pasti akan berdecak kagum. Tim Badan Pembangunan dan Perencanaan Kota (Bappeko) sudah melansirnya.

Pengamatan detikcom, video berdurasi 7.50 menit itu dengan gamlang menyajikan visual tentang konsep Mass Trapid Transport (MRT) yang dijadwalkan rampung akhir tahun 2015.

Tak hanya itu, video itu juga menayangkan rekaman trem yang beroperasi di Surabaya di masa lampau.

Video dengan Judul SuroTram Boyorail 2 yang diunggah oleh akun mrt kotasby dan hingga Jumat (27/9/2013) telah dikunjungi 1.217 pemirsa.

(gik/bdh)

[url]http://news.detik..com/surabaya/read/2013/09/27/172535/2371721/475/ini-bocoran-wajah-transportasi-surabaya-masa-mendatang[/url]

MRT Surabaya
Ini Dia Calon Nama Monorel dan Trem di Kota Pahlawan

Norma Anggara - detikNews

Sumber: Bapekko Surabaya
Surabaya - Ibarat ibu hamil, janin itu masih di kandungan. Namun sang orangtua sudah menyiapkan nama. Itulah yang terjadi pada proyek Mass Rapid Transport (MRT).

Pemkot Surabaya memang sudah menyiapkan calon nama bagi monorel dan trem yang bakal menghubungkan Surabaya utara-selatan dan barat-timur itu.

"Suro Trem dan Boyo Rel. Kita buat MRT untuk jadi kebanggaan warga Kota Surabaya," kata Humas Pemkot Surabaya M Fikser kepada detik..com, Senin (23/9/2013).

Seperti dijadwalkan Bapekko Surabaya, proyek angkutan umum massal cepat rampung akhir tahun 2015.

Sekarang ini proyek monorel dan trem di Surabaya memang masih dalam tahap pre market sounding. Fikser juga menambahkan, wujud MRT nantinya seperti gambar yang sudah di-publish di website resmi Bappeko Surabaya.


(nrm/gik)

[url]http://news.detik..com/surabaya/read/2013/09/23/144802/2366726/475/ini-dia-calon-nama-monorel-dan-trem-di-kota-pahlawan?nd771104bcj[/url]

MRT Surabaya
Ini Calon Rute Monorel dan Trem di Surabaya

Norma Anggara - detikNews

Desain MRT Surabaya (Ist)
Surabaya - Proyek Mass Rapid Transport (MRT) yang disiapkan Pemkot Surabaya itu akan menghubungkan kawasan Surabaya barat dan timur, serta utara dan selatan. Kawasan itu akan dilayani monorel dan trem.

Koridor timur untuk monorel berujung di kawasan Kenjeran, di sekitar kawasan Made menjadi penghujung Koridor Barat. Sedangkan Koridor Selatan-Utara (berangkat dan pulang) dilayani oleh trem.

Koridor Utara untuk jalur berangkat dipilih di kawasan Ujung, Tanjung Perak dan Koridor Selatan di Wonokromo. Demikian pula untuk jalurpulang, ujungnya sama. Hanya saja saat melewati tengah ada dua jaluryang memisahkan.

Perbedaan rute yang seperti dilansir Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bapekko) Surabaya, Senin (23/9/2013), adalah untuk Koridor Utara-Selatan (Pulang) selepas Perak akan melintasi Jalan Rajawali - Veteran - Pahlawan - Kramat Gantung - Gemblong - Tunjungan - Basuki Rachmat - Gubernur Suryo - Panglima Sudirman - Urip Sumoharjo - Raya Darmo - Wonokromo.

Sedangkan Koridor Utara-Selatan (Keberangkatan), selepas Tanjung Perak akan melewati Jalan Indrapura - Kebon Rojo - Bubutan - Blauran - Embong Malang - Basuki Rachmat - Urip Sumoharjo - Raya Darmo - Wonokromo.

Bapekko juga memamerkan disain gambar jalur dan model shuttle yang diskenariokan. Termasuk lintasan trem yang membelah Jalan Raya Darmo dan monorel yang melintasi kawasan Surabaya barat.

(gik/gik)

[url]http://news.detik..com/surabaya/read/2013/09/23/104750/2366307/475/ini-calon-rute-monorel-dan-trem-di-surabaya?nd771104bcj[/url]

Rencana pembangunan jalan, jalur MRT dan feedernya
Spoiler for Rencana pembangunan jalan di Surabaya:


Rencana Jalur MRT
Spoiler for Rencana Jalur MRT:


videonya
[youtube]31sC0BKRjGk[/spoiler]


[/youtube]

Di saat banyak orang ribut masalah LCGC, macet, subsidi BBM, tarif ERP, Three in One, kenaikan tarif parkir, jalan rusak dll dll.

pemerintah kota Surabaya tanpa ribut-ribut langsung kerja, kerja, kerja.

hasilnya proyek yang seharusnya menjadi prioritas nomor satu di kota besar manapun, MRT atau Mass Rapid Transportation sudah akan berjalan.
proyek ini menjadi sangat penting karena kalau tidak segera dibangun, maka macet akan menjadi momok nomor 1 di kota surabaya, karena tidak bisa dihindari jumlah kendaraan bermotor akan selalu terus bertambah, sedangkan pertumbuhan volume jalan tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan bermotor

proyek ini memang belum jalan, masih tahap pre kualifikasi tender, diharapkan akhir tahun 2013 sudah ada pemenang tender, 2015 sudah mulai beroperasi.

masalah pembebasan lahan diyakini lancar karena sebagian besar proyek ini memakai lahan pemkot.

MRT ini mengambil jalur timur-barat dan selatan-utara, untuk menuju stasiun MRT terdekat akan menggunakan feeder bus dengan nama khas surabaya juga : "semanggi".
pada stasiun-stasiun MRT juga akan dibangun parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan-kendaraan pribadi.

saya percaya, pemerintah surabaya sudah melakukan hal yang benar.

yang dipecahkan adalah masalah dasarnya dulu, kebutuhan akan transportasi massal untuk menanggulangi kemacetan.
setelah MRT selesai dibangun, barulah peraturan pendukung dikeluarkan, seperti ERP, pajak kendaraan bermotor, larangan masuk kendaraan pribadi di area tertentu dll.

kalau masalah dasarnya sudah dipecahkan, aturan pendukungnya baru akan efektif.
bukan kebalikannya aturan pendukungnya dikeluarkan duluan, tapi masalah dasarnya tidak dipecahkan. sia sia.

pertanyaanya, karena ini proyek swasta, apakah nantinya tarifnya bisa diterima akal sehat ?, dalam artian tarif MRT haruslah bisa diterima masyarakat kebanyakan. kalau tarif dirasa terlalu mahal maka proyek besar ini akan percuma.
0
6.7K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan